From: STDEV(i) <setiyowati.d...@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wed, July 27, 2011 9:04:53 PM
Subject: Re: [belajar-excel] clik cell range berwarna

Sebetulnya siti tidak paham 100% maksud yg dikehendaki Pak Bachelor
mungkin karena cara menjelaskan maksudnya, pak Bachelor SELELU menghindari
besaran2 teknis.

" misalnya saya klik no.17, maka range label berwarna seperti dibawah"

* Seluas apapun sebuah range di sheet, tentunya ada alamatnya yg detail,
tetapi Pak Bachelor memilih kata "seperti di bawah",  cell AE 18 cukup dia sebut
dgn "No.17" (value-nya), seperti takut kena tuah bila sampai bilang "K17:P18"
dan "AE18"  :)

* Penyebab mengapa yg "di bawah itu" menjadi terpilih untuk diwarnai; juga
sama sekali tidak diungkapkan.

* Hubungan antara cell yg di Klik dan range yg diWarnai, tidak ada
kabar-beritanya.

* Contoh pun cuma 1  (satu cell di klik, menghasilkan spt "dibawah".)
"No 17" di area yg akan diCeklik kan tidak hanya 1 cell;  tetapi ada beberapa
cell
lain yg value-nya = 17.
Truzz bgmana kalau yg cell diceklik tetap punya value =17 tetapi bukan cell
"AE18" ?
Range mana yg akan di warnai ? Apakah tetap seperti yg "di bawah" ?
Atau Range lain ?

Private Sub Highlight(ByVal xTarget As Range)
   ' siti Vi // Bluewater, 26 Jul 2011
   ' http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/12247
   '---------------------------------------------------
   Dim DatRng As Range, Xrange As Range
   Application.EnableEvents = False
   Set DatRng = Range("E5:J6")
   DatRng.CurrentRegion.Offset(2, 0).Interior.ColorIndex = xlNone
   Set Xrange = DatRng.Offset(xTarget.Row - 6, (xTarget.Column() - 30) * 6)
   Xrange.Select: Xrange.Interior.ColorIndex = 35
   Application.EnableEvents = True
End Sub

Prosedur ini dipanggil oleh prosedur lain (Event Worksheet_Selection_Change)
Prosedur pemanggil itu hanya berisi pembatasan area yg di-ceklik dan juga
validasi apakah prosedur Highlight perlu dipanggil atau tidak...
Ketika tiba saatnya memanggil prosedur ini, ia sambil mengirimkan ( ByVal)
argument berupa object range (xTarget)

Sesampainya di prosedur Highlight ini, range kiriman dari si pemanggil hanya
akan
diambil informasi Posisi Row dan Column-nya saja, karena dgn posisi itulah
akan di jangkau range yg akan diwarnai (di-Highlighted)..

~siti

2011/7/27 Bachelor Ard <bachelor_...@yahoo.com>

> aslmalkm. wrh. wbr...!
> mohon pertolongannya....!
> bagaimana caranya kalau kita mengclik salah satu cell di-sebuah sheet
> maka beground warna sebuah range di-sheet tersebut muncul..???
> semoga dapat bantuan (mohon di lihat attach)!
>
> -Ard-

Kirim email ke