Saya coba pelajari Mr. Kid, thanks ya
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nm...@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 31 Oct 2011 16:15:30
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: Bagaimana Memindahkan data kedalam rekap dgn
macro

hehehe...
sudah ada keterangan per baris dan per blok prosesnya.
Malah bagian paling bawah tentang setting balik dibiarkan tetap dengan
keterangan saat di-off-kan, kecuali bagian set balik calculation

    With Application
        .EnableEvents = True                            'turn off seluruh
event, supaya tidak mengganggu proses
        .ScreenUpdating = True                          'mengurangi
blinking selama proses dan mempercepat proses
        .Calculation = lCalc                            'kembalikan setting
calculation ke pilihan user
    End With

agar lebih mudah melihat kaitannya dengan baris atas, dan perubahan nilai
yang dilakukan.

Garis besar proses adalah :
1. unhide seluruh kolom data
2. lakukan autofilter berdasar kolom cek (kolom A) pilih yang lebih dari 0
alias data valid
3. mulai proses dengan hide kolom tak dipakai (saat mau copy prasmanan,
kolom-kolom meal di hide
4. copy hasil filter yang tampak saja (copy special) yang sudah di-offset 1
kolom ke kanan (supaya kolom A gak ikut) dan offset 2 baris kebawah supaya
header gak ikut.
5. paste spesial nilainya beserta format number nya saja ke sheet rekap
pada cell di kolom A, di baris hasil offset dari A1, sejumlah baris yang
ada di sheet rekap, dengan opsi, seluruh cell yang blank di-skip (dicuekin
alias gak usah di paste)
6. unhide lagi yang tadi dihide
7. hide kolom-kolom bantu
8. hilangkan autofilter
9. kirim pesan selesai.

Justru yang lebih penting adalah penyusunan form input yang memiliki
struktur sama dengan struktur sheet rekapnya (database-nya).
Pengembangan lebih lanjut mungkin tentang menghindari data yang duplikasi
recordnya saat akan di save.
Hal seperti ini juga pernah dijabarkan dimilis. Coba search dimilis.

Regards.
Kid.

Kirim email ke