Sepertinya ini sangat bermanfaat, mohon kepada penulis bisa kasih
attachment contoh file, agar mudah mempelajarinya.
seperti pagi tadi.
Andai bersedia mencoba sendiri.
1. Buat workbook baru. Save As dengan suatu nama (xl 2007 ke atas dengan
ekstensi xlsm atau xlsb)
2. tulis di A1 sampai A5
      f:\cabang1\mydata1\
       f:\cabang1\mydata2\
       f:\cabang2\mydata1\
       f:\cabang2\mydata2\
       f:\cabang3\mydata1\
3. ke VBE dengan ALT+F11
4. menu Insert -> Module
5. akan ada module baru yang terbentuk, double click Module baru itu
biasanya bernama ModuleN dengan N dimulai dari angka 1.
6. klik ruang penulisan script
7. Copas dari baris Public Sub sampai End Sub :
Public Sub *KopiFileKatanya*()
    '1. deklarasi variabel. Misal dengan object range untuk loop informasi
folder destinasi.
   dim rngLoop as range

   '2. pastikan file source ada bendanya
  if lenb(dir$( "c:\temp\BeExcel.pdf" ) ) = 0 then
     msgbox "tidak ada file source"
     exit sub
  endif

  '3. pastikan ada drive destinasi.
  'jika drivenya juga berbeda-beda, masukkan bagian ini kedalam loop di
langkah 4, dan sebagai cek pertama.
 'Nilai drive bisa diambil dari cell juga.
  if lenb(dir$( "f:\*" , vbnormal + vbdirectory ) ) = 0 then
     msgbox "tidak ada drive tujuan"
     exit sub
  endif

 '4. loop masing-masing folder
  for each rngloop in range("a1:a5")
       '5. pastikan ada folder destinasinya. Jika tidak ada, dibuatkan.
        if lenb( dir$( rngloop.value ) ) = 0 then                  'cek
apakah directorynya tidak ada ?
                mkdir rngloop.value
        endif

         '6. salin filenya  :: hati-hati, karena file yang telah ada akan
di-replace
         'akibat proses 4, pasti ada drivenya.
         'akibat proses 5, pasti sudah ada directory destinasinya.
         filecopy "c:\temp\BeExcel.pdf" , rngloop.value & "BeExcel.pdf"
   next rngloop
End Sub

9. kembali ke worksheet dengan ALT+F11
10. insert sebuah shape (apa saja)
11. klik kanan shape itu, pilih assign macro, pilih prosedur bernama *
KopiFileKatanya* lalu tekan OK
12. save workbook
13. klik si shape.

Mohon maaf karena belum bisa buka file excel.
Andai ada error atas script di atas, mohon koreksinya, karena hanya sebuah
imajinasi saja.

Regards.
Kid.

Kirim email ke