Yth Pak sin, di Sumatera Utara,

Fungsi INDIRECT setelah saya lihat di help hanya punya 2 argument:
INDIRECT(Ref_Text as String, A1 as Boolean/Logical )

Argument 1:   RefText
Harus berupa string/text (atau expresi yg akhirnya menghasilkan text) di
mana text itu menyerupai ALAMAT Cell / Range;
Misal konstanta "A1"   atau  cell yg berisi text A1, atau rumus yg
menghasilkan text "A1".
Dengan INDIRECT("A1") akan menghasilkan  rujukan ke Cell A1, seperti kita
menulis rumus =A1 yg hasil akhirnya menampakkan value yg ada di A1

Argument 2 : A1
Harus berupa data logikal (False atau True);
Jika diisikan TRUE (sama dengan tidak diisi) artinya kita ingin TEXT yg
akan dimasukkan sebagai argument 1  harus dlm bentuk  notasi A1  (yaitu
notasi penyebutan alamat cell KOLOM-BARIS, dimana KOLOM ditulis dlm bentuk
HURUF  (A sampai XFD) dan BARIS ditulis dlm bentuk bilangan (1 sampai
 1048576)

Jika diisikan FALSE; data yg akan dimasukkan sebagai argument 1  harus dlm
bentuk  notasi R1C1  (yaitu notasi penyebutan alamat cell BARIS-KOLOM,
dimana BARIS dan KOLOM ditulis dlm bentuk Bilangan dengan lambang R (baris)
dan C (column).
Contoh R3C5  adalah baris3 kolom 5 (sama dengan E3)

Indirect dapat merujuk range (lebih dari satu cell, tetapi penulisannya
harus sebagai Array Formula
Misal :  =INDIRECT("H4:G8",TRUE)
Jika ditulis di   A1:A5 secara sekaligus dan di "ENTER" dengan 3 tombol :
Ctrl+Shift, Enter akan menampakkan data value yg ada
di H4:G5

Indirect tidak mempermasalahkan Cell / Range yg dituju itu berada di mana
(di workbook bernama apa, sheet benama apa, apa nama folder (tempat FILE
Workbook disave)  dst) karena hal itu akan "diurus" oleh fungsi lain yaitu
fungsi ADDRESS.
Penjelsan untuk fungsi Address tentunya dapat di akses langsung di HELP
Excel.

Jadi saran kami gunakan  formula
INDIRECT(ADDRESS(----------))
=INDIRECT(ADDRESS(5,2,,,"[Mangga.xls]Sheet1"))
merujuk ke B2 di sheet1 pada "workbook bernama Isnain mencari......"

Jika ditulis seperti ini
=INDIRECT(ADDRESS(5,2,,,"*D:\holtikulturea\buah\*[Mangga.xls]Sheet1"))
Hasilnya sama saja; yaitu *ketika workbook yg dirujuk ditutup*, hasil
formula TETAP menghasilkan error  #REF
Tidak seunggul seperti rujukan langsung  =
*='[D:\holtikulturea\buah\[Mangga.xls]Sheet1")'!$B$5*
*
*
CMIIW / mohon maaf dan koreksi bila khabar dari saya banyak salahnya
*
*
o' Seno
Jember Utara

2011/12/4 sin.ur4t <sin.u...@yahoo.com>

> Salam...
>  Mohon bantuan rekan2 be-exellers, bagaimana sintaks formula INDIRECT
untuk mengambil data suatu sel rujukan yg terletak pada file yg berbeda,
dan file rujukannya juga terletak pada folder/direktori lain.

> Misal, sel rujukannya adalah sel A1 pada sheet 'mangga', file 'buah',
folder 'hortikultura', direktori D.

> Saya coba seperti ini,
> =INDIRECT("[D:\hortikultura\buah]mangga"&"!A1")
> Namun tidak berhasil.
>
> Mohon dibantu, trm ksh sblmnya.
>
> Sinurat - Sumut

Kirim email ke