saya pernah lihat, ada juga cara yg agak lain
pada saat file diserahkan ke PIHAK III harus ada tgl yg dituliskan di cell
dlm workbook tsb (gunanya untuk menentukan 60 hari lagi itu tgl berapa?)

sheetnya harus sheet penting (yg tidak boleh di delete),
cellnya harus sulit dicari, kolom / baris ata fonts nya harus tersembunyi
agar belakangan tidak di UBAH menjadi tgl lebih baru oleh pemakai

di makronya (pada prosedur penting) diberikan tambahan perintah

If  Date <= TGL_PENYERAHAN_FILE + 60 then
thisworkbook.close savechanges:=false
exit sub

kalau perlu diikuti perintah menghapus file yg baru ditutup tsb

*o'Seno*

Kirim email ke