Terima kasih Bu Guru Tua (tapi masih muda)

Saya senang banget dengan kode VBA dari Ibu Guru. Kodenya sangat canggih dan
dahsyat, cermin keluasan dan kedalaman ilmu dari Bu Guru.

Kode ini sangat bermanfaat bagi saya. Dan alangkah baiknya jika pelajaran ini
dilanjutkan. Yakni pada bagian mana dari kode tersebut yg harus
diubah/disesuaikan apabila saya ingin mengcopy range dari sheet asal ke sheet
tujuan.

Dalam contoh (lampiran) yg lalu:

SUMBER                    HASIL
kolom A ------------------> kolom B
kolom B ------------------> kolom F
kolom C ------------------> kolom D
kolom E ------------------> kolom G

Bagaimana kalau begini:

MASTER                    DATA

kolom A ------------------> kolom A

kolom B ------------------> kolom B

kolom C ------------------> kolom D

kolom D ------------------> kolom E

Alangkah baiknya lagi jika formula itu disederhanakan agar mudah diedit kodenya
apabila ingin dipakai untuk kasus lain dengan niat yg sama (mengcopy range).

Saya pakai kode VBA berikut dengan beberapa kelemahan; kerjanya agak lambat,
tidak langsung membuka sheet hasil copy, hanya mencopy value tidak dengan
format number. Tapi kelebihannya adalah mudah diedit/disesuaikan. Kode VBA
dimaksud adalah sbb:

Sub Copy_Data()
  Application.ScreenUpdating = False
  Worksheets("DATA").Columns("A").Value =