Langsung saja menjawab walaupun mungkin salah

Rumus Mr. Kid Oke banget...., Top Markotop, Mantabs Surantabs...
tetapi mari kita coba dgn PDKT  lain

( 1 )

*=MAX(IF(A3:A10=C3,ROW(1:8))) - LARGE(IF(A3:A10=C3,ROW(1:8)),2)*

Array Formula ini mengasumsikan data yg ditanyakan (kriteria) ditulis di C3
Misal di C3 di tulis angka 7,  dan pada Range A3:A10 data seperti ini
(7) ada lebih dari satu "biji".
Karena data yg sesuai dengan Kriteria lebihdari satu, maka ada
beberapa INDEX BARIS (posisi urutan) nya misalnya (dlm kasus kriteria = 7):
 3, 6, 8

Array formula diatas menghasilkan = 2
yaitu selisih dari  PosisiUrutan (indexBaris) TERBESAR  atas data yg
memenuhi kriteria;  dikurangi PosisiUrutan TERBESAR-KEDUA milik data yg
memenuhi kriteria.

*Iseng &  berangan-angan mengenai pertanyaan No.1:*
*Ada data (angka 7) sebanyak 3 buah, Bp Sin Urat dlm kasus ini (Pertanyaan
No.1) membuat kriterianya = *
*dengan kata-kata "ISI CELL A10"  yg berarti data Angka 7.*
*
*
*Bgmana pak Sin Urat membedakan CARA Membuat /Menuliskan kriterianya jika
Bapak ingin *
*Kriteria =  "ISI CELL A8"*
*Jika dengan ISI  CELL berarti   =7 juga*
*Dengan rumus diatas hasilnya tetap = 2*
*Padahal kalau yg dijadikan kriteria adalah Cell A8 (yg juga berisi data (
7 ),  hasil  formula harusnya = 3*
*Jarak cell berisi angka 7 sebelum yg ada di A8  (yaitu A5 yg berarti 3
cell sebelum A8)*
*Sekali lagi yg ingin saya tanyakan: bagaimana Kriteria ingin dituliskan ??
 "*
*Cell address-nya, misal "C8", ataukah isi (data value) suatu cell  misal :
7  ?*

( 2 )

=IFERROR(ADDRESS(SMALL(IF(A3:A10=C3,ROW(A3:A10)),ROW(1:8)),COLUMN(A3:A10),4),"")

Berarti kita KEMBALI LAGI kita ke masalah FILTERING (sudah lupa yaaa.)
Data Referensi (yaitu A3:A10) di-filter (disaring) agar hanya menunjukkan
data yg samadengan Kriteria (C3)
Karena alat filternya formula, maka hanya bisa menghasilkan
** data yg sama_dengan Kriteria >>> ditampilkan NOMOR BARISNYA
** data yg tidak_sama_dengan Kriteria ditampakkan sebagai FALSE
kedua pekerjaan ini diformulasikan dengan:
   IF(A3:A10=C3,ROW(A3:A10))
atau lengkapnya  IF(A3:A10=C3,ROW(A3:A10), *FALSE*)
(baiknya kita ingat bahwa: Argument3 pada fungsi IF jika dikosongkan sudah
dengan sendirinya menghasilkan FALSE)

Dengan formula itu letak* data terfilter* masih terpecar-pencar, maka kita
harus mengumpulkannya ke atas yaitu dengan men-SORT-nya secara formula
 (menggunakan fungsi SMALL atau LARGE)
   SMALL(IF(A3:A10=C3,ROW(A3:A10)),ROW(1:8))

Setelah urut, informasi NOMOR BARIS (tidak harus samadengan: IndexBaris) yg
sudah ngumpul ke atas itu akan kita jadikan alamat CELL (menggunakan fungsi
ADDRESS, yg memerlukan angka KOLOM)
   *ADDRESS(*SMALL(IF(A3:A10=C3,ROW(A3:A10)),ROW(1:8)),*COLUMN(A3:A10), 4 )*

Argument berupa angka 4 itu menyuruh formula agar hasil address bergaya
FullRelatif ("A1",  bukannya $A$1 (full absolute) atau $A1 atau A$1
(absolut/relatif) )

Dlm bentuk ringkas Fungsi Address (menghasilkan text alamat cell) adalah sbb
Address(Nomor_Baris, Nomor_Kolom, Kode_Absolute_Relatif, Kode_A1_R1C1,
NamaSheet)

Seperti biasa ada beberapa argument yg boleh dicuekin karena kita inginkan
defaultnya
[image: argument fungsi address.PNG]

Akhirnya hasil berupa ERROR-values (ex data FALSE) lebih baik dilarang
menampakkan diri
dan ini menjadi tugas fungsi IFERROR
IFERROR( RUMUS, "")

Mudah mudahan cara ngomong saya tidak terlalu menjengkelkan, dan masih bisa
dipahami.

*Semprulll... Ki !!!*
Jateng

* *