sebaiknya kita menyebut VBA sebagai VBA jangan VB
karena VBA bukan VB walaupun masih sodaranya)

problem:
*>> agar rumus pada kolom lookup tidak terlihat gimana caranya*

*Cara1,*
Dengan meng-asumsi-kan: tabel di kolom O:P itu  data di kolom O nya
pasti angka urut 1,2,3,... dst

Kelemahan makro ini (bawaan dari ibaneza) bahwa untuk mengotomatiskan
JALANNYA makro  dipakai EVENT  WorkSheet_SelectionChange  tanpa
pembatasan Target.
Sehingga *makro akan terus-menerus dijalankan* setiap anda* memindah kan *
*cell pointer *KE CELL MANA SAJA di sheet tsb, walaupun hanya memindahkan
saja.
(kacian deh komputernya...)

Sebaiknya ibaneza menenetukan keperluannya: kapan hasil ingin didapatkan ?

Private Sub *Worksheet_SelectionChange*(ByVal Target As Range)

   Dim TabelRef As Range
   Dim i As Integer
   Dim a As Double, b As Double
   Dim x As Double, y As Double
   Set TabelRef = Range("O9").CurrentRegion

   For i = 8 To 16

      a = Cells(i, 4)
      b = Cells(i, 5)
      x = Cells(i, 3)
      y = a + (b ^ x)

      *Cells(i, 6).Value = y*
*      Cells(i, 7).Value = TabelRef(x, 2*)

   Next i
End Sub

cara 2 / dan cara lain akan diposted ke milis bila posting ini ada
tanggapannya

*Semprul..Ki!*