From: o' Seno <ontosen...@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, March 2, 2012 3:27 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Tanya: Unique Records

misal tabel ditulis di  range B2:D7

Kalau ingin hasil = 6  (cacah semua records)
rumusnya    =ROWS(B2:D7)

Kalau ingin hasilnya = 4  (cacah records yg uniq)
agar gampang dipahami dibantu oleh tabel bantu
misalnya di tulis diF2:F7,  dimana F2 berisi rumus = B2&D2&E2
dicopy ke bawah sampai F7

rumus untuk menghasilkan cacah uniq-records
=SUMPRODUCT(1/COUNTIF(F2:F7,F2:F7))

atau
=SUM(1/COUNTIF(F2:F7,F2:F7))
tetapi harus di enter dengan Ctrl + Shift , ENTER (array formula)

Asumsi:  tidak ada data kosong di kolom F2:F7

o'Seno

Dear rekan2 masterl Excel,

Kirim email ke