Hai Pak Irwan,

Umumnya, ketika diminta sebuah laporan dengan format khusus yang memerlukan
proses kalkulasi tertentu, maka disusunlah bentuk laporan itu sekaligus
dengan proses kalkulasi dalam struktur laporan tersebut.

Ketika struktur laporan berorientasi vertikal, umumnya akan lebih mudah
melakukan berbagai macam proses kalkulasi untuk mendapatkan nilai-nilai
yang diplaporkan.
Ketika struktur laporan berorientasi horisontal (misal berbasis series
waktu), maka potensi untuk kesulitan dalam mendapatkan nilai-nilai yang
dilaporkan (tertentu yang harus membutuhkan proses kalkulasi tertentu).
Untuk hal seperti ini, sebaiknya kembali ke bentuk dasar pengolahan data,
yaitu :
1. Bahan data yang diproses telah berkaidah database (minimal berorientasi
vertikal)
2. Hasil proses kalkulasi juga berkaidah database (minimal berorientasi
vertikal)
3. Gunakan kolom, baris atau bahkan beberapa cell bantu bila diperlukan,
tetapi tetap menjaga hasil proses tetap berkaidah database (minimal
berorientasi vertikal)
4. Menyusun laporan berdasar tabel hasil proses. Struktur laporan sesuai
kebutuhan. Formula pada laporan akan berupa formula pengambil nilai saja,
atau formula kalkulasi sederhana.
5. Coba manfaatkan fitur-fitur Excel seperti pivot table atau get external
data (memanfaatkan query) agar pola pikir penyusunan laporan tidak
terbatasi oleh formula saja, atau oleh VBA saja.

Salam,
Kid.