Ikut senang, bahwa suatu jalan akhirnya telah ditemukan, Asal jangan
"salah tangkap maksud" saja..
Maksud pak Kusnadi = "begitu";  ditangkap oleh pak Sarma = "begini"

Menurut "penangkapan" aki.. maksud pak Kusnadi adalah:  suatu dokumen
( workbook Excel ) yg *sudah siap, sudah JADI, yaitu hasil pengolahan*
*(menjadi "siap", & menjadi "JADI", karena pengolah di Excel, *isn't it?*) *
oleh Pak Kusnadi di-klik untuk di export menjadi PDF.
(dengan kata lain Bukan PDF lah yg mengolah data!!)  -- CMIIW

Semoga Pak Kusnadi berkenan menjelaskan kemampuan di "Adobe Writer"
Apakah didalam Dokumen PDF-nya  di suatu tempat (tempat1) dapat diubah ubah
isinya,
tempat lain (tempat2) diberi rumus; lalu berdasar rumus itu tempat2 menampilkan
data
yg di kehendaki , yg *merujuk* tempat1 DAN  tabel yg berada di dokumen excel??

Mudah mudahan ini memang benar-benar hal yg diinginkan pak Sarma yg
baru saja bilang *"Betul sekali Bung.."*

' nuwun,
*Semprul..Ki*

*2012/3/31 sarma diaz <sh.ron...@yahoo.co.id>*