________________________________
 Dari: Markonah <markona...@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 3 Juli 2012 19:25
Judul: Re: [belajar-excel] merubah data kedalam kolom

Kalau harus pakai VBA, Biasanya begini (salah satu alurnya..)

Private Sub CmdKerjakan_Click()
   ' mPok Markonah, {jualkaredokdigangsebelah}
   ' BeExcel post # 17964 - 3Jul2012
   Dim RefTbl As Range, HslTbl As Range
   Dim Kd As String, n As Long, r As Long

   Set RefTbl = Cells(1).CurrentRegion
   Set HslTbl = RefTbl(11, RefTbl.Columns.Count + 7)

   For n = 2 To RefTbl.Rows.Count
      If LenB(RefTbl(n, 1)) > 0 Then
         Kd = RefTbl(n, 1).Value
      Else
         r = r + 1
         HslTbl(r, 1).Value = Kd
         HslTbl(r, 2).Value = RefTbl(n, 2).Value
      End If
   Next

End Sub

asumsi
** tabel rujukan (TblRef) dimulai di A1 wlaupun dimulai dengan kata "kasus"
note
** sayang sekali VBA tidak dapat meRubah data, bisanya mengUbah data.
   Data menang bisa berUbah, dan data yg berUbah berarti data itu telah terjadi
perUbahan
   karena diUbah.

-markotulQiyem-