  From: Rara Wilis
  To: belajar-excel@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, July 12, 2012 2:13 PM
  Subject: Re: [belajar-excel] Bentuk tabel utk menampilkan graphic dg 2 axis

  alaikum salam...

  setahu saya (mungkin salah), standard CHART untuk menggambarkan data
  ya dengan 2 axis itu:  Axis X dan Axis Y
  X = As horisontal, untuk menggambrkan item,
  Y = As vertikal unutk menggambarkan nilai tiap item
  Apakah ada chart dengan 1 axis ?, trus bgmana menggambarkan perbandingan
  kontur naik-turun / tinggi-rendahnya nilai tiap item ?

  Barangkali yg dimaksud oleh pak Mulki adalah Chart dengan Multi Y Axis
  (Axis Y nya lebih dari satu) ??

  Jadi, kita, sebelum bisa manjawab pun sudah timbul masalah: "APA YG
DITANYAKAN"
  karena tidak ada gambar "contoh hasil yg diingikan"

  Tutorial dasar Excel Chart:

http://www.lytebyte.com/2009/02/24/how-to-create-excel-chart-with-2-y-axis-or-x-axis/
  http://www.techonthenet.com/excel/charts/2_y_axes.php
  dan masih banyak lagi (KALAU MAU browsing-searching..)

  2012/7/12 Mulki <mu...@aop.component.astra.co.id>

  > Assalamu'alaikum wr. wb.
  > Selamat siang rekans b-xl-ers,
  > Mohon pencerahannya, bagaimana bentuk tabel data utk membuat grafic dg 2
axis di kiri dan kanan.
  > Axis yg kiri adalah Quantity dan kanan adalah Amount.
  > kurang lebih entity yg diperlukan adalah sbb :
  > Product, Month, Quantity dan Amount.
  > Mohon dibantu ya rekan2 b-xl-ers
  > terimakasih n wassalam,
  > mulki akbar

  > Mods' Note:
  >
  > Resminya, 'NickName' milis kita = BeExcel,
> [...]

<<2 Y Axis in Chart.PNG>>