Siap pak bro, makasih oleh2nya..
Murid baru TPA Almakro Walexcel segera ke tekapeh.. #kegirangan# :D
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarn...@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 11 Aug 2012 01:50:30
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] latihan macro untuk menampilkan atau menandai item
yang tidak ada

Buat rekan2 yang ingin belajar/mendalami macro, kasus terlampir bisa menjadi
pelajaran untuk membuat Code dan meletakkan Variable

Kasusnya saya ambil dari pertanyaan salah satu member dalam milis tetangga.

Pada kolom A dan B terdapat beberapa angka dan kata, dimana ada angka atau kata
yang ada pada kolom A tetapi tidak ada pada kolom B

Contoh kasusnya (terlampir) adalah sepert ini:
A                 B              C

1 1

2 2

3 3

4   4

5   meja

6   lemari

meja

kursi

lemari

Pertanyaan:
Bagaimana caranya agar pada kolom C dapat ditampilkan :
1 angka atau kata yang ada pada kolom A tetapi tidak ada pada kolom B (secara
berututan mulai dari C1)
2 angka atau kata yang ada pada kolom A tetapi tidak ada pada kolom B (sesuai
barisnya pada kolom A)
3 data terakhir pada kolom A yang tidak ada pada kolom B (angka atau huruf,
ditampilkan pada sel C1)

4 Bagaimana caranya untuk memberi warna merah pada angka atau kata yang ada
pada kolom A tetapi tidak ada pada kolom B

5 Bagaimana caranya untukmemberi warna merah padalatar belakang angka atau kata
yang ada pada kolom A tetapi tidak ada pada kolom B

Struktur macro yang saya buat adalah sbb:
Sub Rekon1()
    Dim a, b, x As Range
    Dim i As Integer
    Set a = Range(Range("A1"), Range("A1").End(xlDown))
    Set b = Range(Range("B1"), Range("B1").End(xlDown))

    For Each x In a
        If WorksheetFunction.CountIf(b, x) = 0 Then

        End If

    Next x

End Sub

Hasil yang diinginkan sesuai kolom C pada Sheet Rekon1 s/d Rekon 5 fiile
terlampir.

Silakan rekan2 melengkapinya (sambil menunggu buka puasa).

Salam,
Hendrik Karnadi

Kirim email ke