Q: apakah masih bisa menggunakan pivot tabel?
A: Bisa

Q: caranya gimana?
A: sama dengan postingan dari saya sebelumnya

Q: Apakah hasil dari pivot table tiap file tersebut bisa dijadikan
source data?
A: Bisa, menggunakan fungsi =GetPivotData ==> excel 2007/2010, untuk excel
2003 saya tidak tau karena saya sudah tida punya versi tersebut

tetapi... (ada tapinya nih..)  Pivot Table umumnya digunakan untuk membuat
laporan bukan sebagai data base.. jadi usahakan tetap agar data base bukan
berasal dari Pivot Table.. kalau pun ingin menjadikannya sebagai data base
---kalo saya pribadi---  akan saya rubah dahulu dengan cara Convert to
Range sehingga link data terputus dari data base sebelumnnya.

Jadi pilihan pertama >> jangan jadikan Pivot Table sebagai data base, kalo
udah mentok ya gpp, tapi biasanya kalo udah mentok dan tanya lagi ke millis
ini akan ada member yang berbaik hati akan membagi ilmunya

wassalam,

-aji mumpung-

Kirim email ke