Pada sheet terproteksi dimanapun, urutan prosesnya : (misal workbook di
simpan dalam variabel wbkX)
1. buka workbook kalau belum dibuka, atau aktifkan
Set wbkX = blabla

2. unprotect sheet di workbook yang baru dibuka
wbkX.Sheets("nama sheetnya").unprotect "password"

3. lakukan proses pada sheet terkait

4. protect lagi sheet
wbkX.Sheets("nama sheetnya").protect "password"

5. tutup workbook
wbkX.close

Jadi, selalu panggil benda itu terurut dari garis keturunan tertingginya.
Kalau ada di workbook lain, maka sertakan selalu object workbooknya untuk
memanggil seluruh object yang ada di workbook lain itu.

Kirim email ke