--- Pada Sel, 18/12/12, Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com> menulis:

Dari: Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com>
Judul: Re: Re: [belajar-excel] Menghitung rata2 sisa activity
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Selasa, 18 Desember, 2012, 1:59 PM

Pak Tony,

Pada formula sudah disertakan penjelasan singkatnya sebagai berikut :
=IFError( AVERAGEIF($F$3:$BB$3,INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0,$F6:$BB6) , 0 )
Bagian-bagian formula :
$F6:$BB6 :: nilai data yang direrata
$F$3:$BB$3 :: angka-angka bulan
INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0 :: angka bulan pada week pertama setelah week akhir
proses
$B6:: kolom bantu posisi week akhir proses yang berupa formula
=MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)
+0 :: penambah angka bulan setelah week akhir proses

Coba perhatikan.
INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1) menghasilkan nilai bulan week pertama setelah week
terakhir proses.
Misal week akhir proses adalah di week 36, maka hasil Index adalah pada kolom
milik week 37
Setelah si formula tahu dimana kolom yang harus dipakai (yaitu kolom week 37),
maka dia akan mengambill nilai bulan (yang ada di baris 3 nya).
Anggap saja week 36 itu bulannya 9 dan week 37 sudah masuk bulan 10. Hasil
Index adalah angka 10 tersebut.
Angka 10 itu kan yang Anda maksud M-1.

Kemudian, setelah bagian Index ada penambahan dengan 0 (latar kuning)
INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0
Karena tadi hasil Index adalah 10 kemudian ditambah 0, maka hasilnya tetap 10,
maka masih benar sebagai M-1. Sampai sini setuju gak ?
Kalau setuju, berarti keterangan :
     +0 :: penambah angka bulan setelah week akhir proses
adalah penjelasan yang logis untuk memudahkan Anda mengubah sesuai keinginan
agar menjadi M-1 (untuk 0) atau M..M.. lainnya sesuai selera.
Lagipula, untuk apa ada +0 dalam formula, bukannya malah bikin formula tambah
panjang tuh. Aneh kan...
Karena memang maksudnya adalah untuk keterangan bahwa bagian itu yang diubah
untuk mendapatkan nilai-nilai bulan setelahnya yang dibutuhkan.

2012/12/18 Tony Bexcel <tonybex...@yahoo.co.id>

Dear Pakar Yang Budiman,

Saya sangat membutuhkan bantuan solusi dan penerjemahan yang memudahkan saya
mempelajari maksud dari Mr.Kid untuk pengisian pada cell M-1 dan M3.
Bila para pakar bersedia meluangkan waktu dan ilmu pamungkasnya, saya ucapkan
banyak terimakasih yang tak terhingga karena data ini akan dipakai untuk
kepentingan banyak orang.
Sekali lagi mohon maaf bila ada kata2 yang kurang berkenan dan salah dalam
penyampaian nya.

Salam,
Tony