Hai Indra,

Penggunaan ADO Object membutuhkan referensi ke MDAC (Ms Data Access
Component) seperti Ms ActiveX Data Object (Ms ADO)
Coba pada VBE ditambahkan referensi ke Ms ActiveX Data Object versi berapa
saja yang dimiliki yang kemungkinan ada di komputer user kelak.
Cara :
ke VBE -> menu Tools -> References -> cari item Ms ActiveX Data Object
versi 2.7 -> centang item tersebut -> OK sampai kembali ke VBE -> Save
workbook.

Kirim email ke