 From: Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, January 10, 2013 2:21 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Cari Angka Tertinggi

Hai Andree,

1. Kalau tidak pakai formula, bisa pakai AutoFilter.
Jika pakai formula dan akan membuat suatu dataset baru (misal di sheet lain)
yang berisi data dengan kriteria tertentu, maka hal ini sering disebut proses
filter data dengan formula. Biasanya dataset ini disusun dengan array formula
filtering. Coba pelajari array formula filtering disini. Implementasikan pada
data Anda yang berisi satu kriteria saja (isi kondisi dalam IF yang ada di
dalam Small adalah 1 kriteria saja).

2. Unique list dengan kriteria
A> Pada area lain (misal di sheet lain), susun data unique list nasabah yang
dipengaruhi oleh kolom total pinjamannya.
Untuk konsep menyusun unique list dengan formula bisa dibaca disini.
B> Karena ada pengaruh nilai dikolom total pinjaman > 500jt, maka ubah bagian
formula yang berbunyi Match( , CountIF(blabla) , 0 ) dengan :
Match( 1 , ( Countif(blabla) = 0 ) * (rangenya_total_pinjaman >
nilai_batas_seperti_500jt_untuk_kasus_ini ) , 0 )
C> pada kolom total pinjaman di dataset hasil, bisa menggunakan VLookUp
customer ke tabel data. Bisa juga menggunakan Index kolom total pinjaman di
sheet data dengan nilai row untuk index dari nilai di kolom helper pada dataset
hasil.

Untuk membuat hasil (output) di area lain tanpa formula juga bisa dilakukan
dengan memanfaatkan fitur pivot table yang lebih ringkas.

2013/1/9 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza...@yahoo.com>

>Dear Exceller
>

>ada yang mau saya tanyakan tentang rumus mencari angka yang lebih besar
>Misalkan :
>1. ada beberapa custumer yang mempunyai pinjaman 500 juta lebih, yang saya mau
>tanya rumus yang dipakai
>untuk mencari customer yang mempunyai pinjaman besar dari 500 juta seperti apa
>2. rumus untuk mencari nasabah yang mempunyai pinjaman lebih dari satu ketika
>ditotalkan pinjamannya lebih dari 500 juta. (file terlampir)

> [...]

Kirim email ke