Dear Pak Bagus,

Formulanya sudah berhasil, Pak. Terima kasih atas responnya.

Wassalam,
Ferry

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On
Behalf Of Bagus
Sent: Monday, March 18, 2013 5:41 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Menambahkan digit di depan karakter

Dear Ferry;

Coba formula berikut pada F9
=INDEX($B$9:$B$20,$C$8)&TEXT(E9,"0000")
Copy kebawah

Wassalam
~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Ferry Rahdiansyah<mailto:frahdians...@paitonenergy.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, March 18, 2013 5:04 PM

Assalamualaikum Wr Wb...Selamat sore rekan-rekan...
Saya sedang berusaha untuk membuat karakter tertentu hanya dengan memasukkan
sebagian karakter saja. Sebenarnya yang saya inginkan adalah :

-          Menambahkan 4 digit angka 0 apabila jumlah karakter yang ada di
kolom "Input Reference" sebanyak 1 karakter.

-          Menambahkan 3 digit angka 0 apabila jumlah karakter yang ada di
kolom "Input Reference" sebanyak 2 karakter.

-          Menambahkan 2 digit angka 0 apabila jumlah karakter yang ada di
kolom "Input Reference" sebanyak 3 karakter.
Akan tetapi di depannya sudah ada preset karakter tertentu.
Contoh:

-          Hanya dengan memasukkan angka 1 (satu karakter) di kolom "Input
Reference" maka outputnya adalah 0313BJ00001.

-          Hanya dengan memasukkan angka 10 (dua karakter) di kolom "Input
Reference" maka outputnya adalah 0313BJ00010.

-          Hanya dengan memasukkan angka 100 (tiga karakter) di kolom "Input
Reference" maka outputnya adalah 0313BJ00100.
Tapi yang terjadi adalah sebagai berikut:

-          Hanya dengan memasukkan angka 1 (satu karakter) di kolom "Input
Reference" maka outputnya adalah 0313BJ00001.

-          Hanya dengan memasukkan angka 10 (dua karakter) di kolom "Input
Reference" maka outputnya adalah 0313BJ000010.

-          Hanya dengan memasukkan angka 100 (tiga karakter) di kolom "Input
Reference" maka outputnya adalah 0313BJ0000100.
Saya menggunakan fasilitas "index reference" untuk menghubungkan antara
reference dengan periode tertentu. Jadi 6 karakter di depan, "0313BJ", akan
berubah apabila saya mengubah periode yang ada pada drop down list. Berikutnya
saya juga menggunakan "&" untuk menentukan jumlah digit...tapi tidak berhasil,
maklum masih amatir.
Mungkin master-master disini sudi membantu saya menentukan formula yang tepat.
Terima kasih sebelumnya.
Wassalam,
Ferry
*mumet*