pak Ronny,

coba kita bandingkan antara formula pak Ronny dengan syntax fungsi OffSet,
contoh diambil dari kolom C

=OffSet( cell_yang_menjadi_rujukan_awal *,* nomor_baris *,*
nomor_kolom *,*   tinggi_baris
 *,* lebar_kolom )
=OFFSET(       Sheet1!$C$1              *,*      0      *,*      0      *,*
COUNTA(Sheet1!$C:$C)+0 *,*      1      )

yang membuat perbedaan antara tinggi baris pada kolom Debet dan Kredit
dengan tinggi baris pada kolom yang lainnya terletak pada *COUNTA*
(Sheet1!$C:$C)+0 , karena nilai tinggi baris  diambil menggunakan fungsi
CountA yang akan menghitung berapa banyak baris yang TIDAK KOSONG, untuk
baris di kolom A dan D terisi penuh semua (tidak ada baris yang kosong)
maka akan menghasilkan tinggi_baris yang sama dengan jumlah record yang ada.

Sedangkan untuk kolom B dan C tidak semua baris terisi semua (ada beberapa
baris kosong) sehingga tinggi baris data akan lebih pendek dari pada tinggi
baris di kolom A dan D.

Solusinya adalah dengan mengubah kolom yang akan dihitung jumlah barisnya
dengan kolom yang lain yaitu kolom A atau D, sehingga formula berikut ini *
COUNTA*(Sheet1!$C:$C)+0  diubah menjadi COUNTA(Sheet1!$A:$A)*+0*  .

by the way.. any way.. bus way.. tanda *+0* dibelakang Counta sebaiknya
dihilangkan karena menurut Jan tidak berguna..

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Kirim email ke