Excellent!!! Pelajaran baru lagi nih bwat ane.thx Pak Zainul atas
bimbingannya ^_^

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Sent: Tuesday, March 26, 2013 8:46 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Ambil Tabel dari web ke excel dengan VBA

Be-Excel,
Sebenarnya ambil data table dari web bisa juga tanpa vba dengan melalui
steps sbb (Saya menggunakan Excel 2007):
1. dari menu [Data], pada groups [External Data], pilih [From Web]
2. Masukkan alamat webnya. Missal akan mengambil data kurs mingguan di web
pajak, masukkan http://www.depkeu.go.id/ind/currency/
3. Kemudian pilih panah kuning untuk memilih bagian yang akan diimport ke
excel. "Berkat Mr. Kid saya jadi tahu cara memilih table yang diinginkan"
Misal dipilih table nomer 4 & 5. Tabel 4 berisi informasi tanggal
pengumuman, Tabel 5 berisi currency ratenya.
4. Click tombol import
5. selesai.
6. Sebenarnya untuk update hariannya tinggal di click kanan table di excel
kemudian pilih refresh.
Dengan cara di atas, query & connection masih tersimpan dalam workbook.

Saya menggunakan vba karena ingin mendapatkan table yang tidak menyimpan
query & connectionnya.
Berikut vba-code yang sudah dikoreksi berdasarkan masukan dari Mr. Kid:

'===start vba=====
Const ALAMAT_WEB As String = "http://www.depkeu.go.id/ind/currency/";

Sub AmbilTableKursPajakMingguan()
Dim rgTarget As Range, aWebQry As QueryTable, sht As Worksheet
Set sht = ActiveSheet

Application.ScreenUpdating = False
With sht.UsedRange
If .Rows.Count > 0 Then
.Columns.Delete 'hapus hasil query sebelumnya
End If
End With

Set rgTarget = sht.Range("$A$1")
Set aWebQry = ActiveSheet.QueryTables.Add(Connection:= _
"URL;" & ALAMAT_WEB, _
Destination:=rgTarget)

With aWebQry
.Name = "KursPajakMingguan"
.AdjustColumnWidth = False
.WebSelectionType = xlSpecifiedTables
.WebTables = "4,5"
.WebFormatting = xlWebFormattingNone
.Refresh BackgroundQuery:=False
End With
RapihkanTable sht
Application.ScreenUpdating = True
End Sub

Private Sub RapihkanTable(sht As Worksheet)
'rapihkan judul
With sht.Range("A2:F4")
.HorizontalAlignment = xlCenter
.VerticalAlignment = xlCenter
.WrapText = True
.MergeCells = True
.Range("A6").CurrentRegion.Columns.AutoFit
End With
'menghapus connection yang ada
Dim cn As Object
For Each cn In sht.Parent.Connections