  From: Mr. Kid
  To: BeExcel
  Sent: Thursday, April 11, 2013 9:08 AM
  Subject: Re: [belajar-excel] Cek Nominal sama atau tidak

  Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

  Dalam membandingkan 2 set data (B terhadap A), kemungkinan yang terjadi :

  1. si B ada di A -> Fungsi Match akan menghasilkan suatu angka mewakili index
nomor record

  2. si B tidak ada di A -> Fungsi Match akan menghasilkan error value #N/A

  Keterangan berbunyi ADA atau TIDAK ADA memiliki persamaan kata ADA

  Jadi, jika kondisi yang tercapai adalah nomor 1 (diatas), maka kata TIDAK
harus diganti dengan nullstring ("")

  Jika kondisi yang tercapai adalah nomor 2 (diatas), maka perlu kata TIDAK.

  Karena kondisi nomor 2 muncul ketika fungsi Match menghasilkan error value
#N/A, maka kondisinya bisa berbunyi :

  "Jika fungsi Match menghasilkan nilai error, maka tulis kata TIDAK. Jika
fungsi Match menghasilkan suatu angka, maka tidak boleh menulis kata TIDAK
alias tulis saja nullstring ("")"

  Hasil pengkondisian di atas nantinya akan disambung dengan kata ADA dalam
susunan [hasil kondisi] & "ADA"

  [hasil kondisi] bisa bernilai "TIDAK " atau ""

  IsError bisa diganti dengan IsNA. Jika menggunakan IsNumber maka susunan
["TIDAK ",""] dalam formula harus dibalik menjadi ["","TIDAK "]

  Opsi lain adalah tidak menggunakan Match, tetapi menggunakan CountIF.
Kondisinya akan menjadi :

  1. si B ada di A -> CountIF menghasilkan nilai > 0

  2. si B tidak ada di A -> CountIF menghasilkan nilai 0

  Pada data dengan jumlah record yang banyak sekali, fungsi Match akan terasa
lebih cepat dibanding menggunakan CountIF (dugaannya begitu)

  karena faktor IF dalam CountIF akan menganalisa setiap cell dalam range
rujukan. Sedangkan menggunakan Match akan segera berhenti jika sudah bertemu
yang sesuai.

  Kira-kira demikian.

  Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

  Kid.