dongeng dibawah ini dibaca dengan cermat sambil melihat keadaan aslinya
(soalnya cuma sambil lihat dari gdocs, kalau ada cell yang di-merge gak
kelihatan).
1. dari sheet ke-2 (apapun namanya)
Table, jadi pasti header hanya 1 baris)

2. Menyiapkan isian combobox item
range

3. Menyiapkan isian combo

4. ke VBE  (tekan ALT F11)
               -> isi properti RowSource dengan _myItem_
               -> isi properti (Name) dengan cboItem
              -> isi properti RowSource dengan _myLokasi_
              -> isi properti (Name) dengan cboLokasi
tersebut yang isinya ada excel object table
             -> lihat properti (Name)
             -> ganti namanya dengan shtMyTarget
              -> properti (Name) diganti menjadi cmdSimpan
              -> properti Caption diganti menjadi Simpan
              -> properti (Name) diganti menjadi txtNilai

5. Isi script di cmdSimpan

       if cboItem.listindex=-1 then
            exit sub
       elseif cbolokasi.listindex=-1 then
           exit sub
       endif

       shtMyTarget.range("H4").offset( cboitem.listindex ,
cbolokasi.listindex ).value =   txtNilai.text

6. lihat UserForm yang ada, tekan tombol X dalam userform lalu tekan F5
      -> pilih sebuah item dari combobox pertama (cboItem)
      -> pilih sebuah item dari combobox kedua (cboLokasi)
      -> isi text box dengan 12345
      -> tekan tombol Simpan
      -> tekan tombol X yang ada di userform

7. kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
8. lihat isi tabel yang ada di sheet ke-2 yang ada object Excel Table-nya

Peringatan!!!
1. Step di atas dibentuk dengan keadaan sheet yang tampak seperti ini :

[image: Inline image 1]
Yang dianggap kolom NO ada di kolom A dan setiap kolom dikanannya akan naik
menjadi B,C,dst. Jika ternyata ada yang di-merge kolom, maka sesuaikan
cerita diatas agar kolomnya sesuai. Idealnya, data dasar tidak berisi cell
yang di-merge. Kalau ada, berarti sudah mulai ndak ideal.
Baris dihitung dari baris bertuliskan Delivery sebagai baris 1 dan setiap
text berikutnya adalah baris baru yang menaik (2,3,4,dst). Jika ada baris
yang di-merge, maka sesuaikan cerita diatas.
Range anchor dalam script adalah H4, yaitu kolom 01 pada record pertama.
G4:G9 harus sudah diisi lebih dulu jika memang unique, karena item di G4:G9
inilah yang akan menjadi isi combobox pertama (cboItem).

2. jika ada masalah, lampirkan hasil ujicoba step diatas (persis)

<<penampakan.gif>>