Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

1. Hasil sebuah formula tidak pernah membuat cell menjadi blank. Hasil
formula yang biasanya berupa "" disebut NULLSTRING yang bertipe data string
(di Excel disebut bertipe data Text). Blank cell bernilai NULL dan bukan
NULLSTRING.
Beberapa fungsi maupun fitur Excel akan menganggap NULLSTRING sama dengan
NULL, meski sejatinya, antara NULLSTRING dengan NULL adalah berbeda.

2. Tidak bisa dengan formula. Bisa dilakukan dengan hapus manual. Proses
hapus manual ini bisa diotomasi dengan VBA.
Proses hapus manualnya adalah dengan melakukan clear contents pada cells
terpilih (cells yang akan dibuat blank).
Anggap saja data di A1:A10 ada yang berisi spasi dan harusnya A1:A10 berisi
data bertipe text atau blank cell saja.
Maka di B1 dibuat formula :
=IF(len(trim(a1)),trim(a1),0)
copy sampai B10

kemudian, blok kolom B dan lakukan copy, kemudian blok kolom A dan lakukan
Paste
pada kolom A (yang telah ter-paste) dan masih terblok.
Tekan CTRL G lalu tekan Special dan pilih Constant yang diikuti dengan
menghilangkan semua centang kecuali pada item Number diakhiri menekan OK
Kemudian tekan tombol Delete pada keyboard.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

Kirim email ke