Pak Rudi,

silakan dicoba dulu cara berikut ini, maaf sebelumnya belum sempat untuk
menyusun scriptnya dan tidak melampirkan file yang berisi solusi ^_^

asumsi: header data di baris 1, data mulai di baris 2 ke arah bawah

Karena akan melakukan cetak banyak 100 data atau lebuh setiap kelipatan 6,
maka dibutuhkan sebuah variabel untuk menghitung berapa kali cetak sudah
dilakukan, variabel ini juga akan berfungsi untuk mendapatkan posisi baris
data yang akan dicetak.

Misal nama variabelnya adalah iCnt bertipe Integer, pada saat mulai cetak
nilainya akan = 0 (Nol) dan posisi baris data yang diambil adalah 1 sampai
6, berarti di sini akan ada Loop untuk mengambil baris data dengan rumus,
nomor baris = iCnt + i + 1

Itu kalo cetaknya mulai posisi record pertama, lalu gimana kalo cetaknya
mulai posisi record 19 atau record ke sekian ? untuk hal ini maka harus ada
variabel yang menyimpan nomor record data pertama, misal lFirst dengan tipe
data adalah Long Integer.

Maka cara mengambil posisi baris datanya adalah, nilai baris data = lFirst
+ iCnt + i - 1

Setelah mengetahui posisi baris data yang akan dicetak, masukkan nilai
setiap data ke dalam template untuk dicetak, bisa langsung atau melalui
array atau pun langsung ke worksheet

Setelah memasukkan data ke template dan sebelum posisi printout atau print
preview, nilia iCnt yang tadi harus ditambah dengan nilai 1 (Satu)

Gimana pak? semoga bisa ya ^_^

Salam,

-Miss Jan Raisin-

   - Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan harap ditujukan *hanya*ke
   belajar-excel@yahoogroups.com bukan dikirim japri ke email pribadi
   member milis;
   - Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
   orang-orang yang sabar QS 2:153;
   - Harap dipahami bersama bahwa solusi diberikan oleh Be-Exceller yang
   memiliki waktu untuk on line, mengetahui solusi atas pertanyaan yang
   ditanyakan, mau dan berani untuk membantu, tanpa mengharap imbalan dari
   memiliki kewajiban yang harus dipenuhi di dunia nyata jadi tidak selalu
   bisa on line setiap saat;
   - Semoga semangat berbagi dan membantu semakin meningkat di kalangan
   Be-Exceller dan menjadi amalan yang baik untuk tabungan di akhirat nanti.
   * * اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Kirim email ke