Terima kasih atas jawabannya Mr. Kids,
mungkin penyampaian saya belum sesuai dengan maksud yang ada dipikiran.

Penjelasannya begini Mr.Kids

Bismillah :

1. Sheet " Database"
Merupakan data sumber yang banyaknya record sekitar 160.000 record dan ga akan bertambah

2. Sheet " InputFD "
merupakan sheet yang saya gunakan untuk memasukkan file hasil convert dari file txt ke file excel dan yang saya masukkan hanya nomor barcode, terkadang sekali masukkan data paste sekitar
    ribuan record

3. Sheet " Hasil "
    Dari sheet inputFD data record akan di link kan ke kolom C
dari sinilah data yang saya inginkan saya cari, berhubung data setiap record di kolom C bersumber dari sheet " Database " .. saya tambahin kolom A (Hasil) untuk memasukkan formula array

Jika data yang saya masukkan di sheet inputFD cuman puluhan, ga masalah sih.. tapi jika di sheet inputFD langsung saya masukkan puluhan ribu record, timbul masalah
pada calculating sekitar berjam-jam, hiks

mungkin ada formula yang sederhana yang bikin formula array tersebut klo calculating agak cepak.. wuss.. ^_^

Makasi Mr. Kids atas jawabannya, mungkin ada jawaban dari rekan2 lain

^_^ rudi