________________________________
 Dari: Jan Raisin <miss.jan.rai...@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Sabtu, 24 Agustus 2013 9:31
Judul: Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll

hai Indria Pie,

1. coba ubah dahulu semua data di kolom F dan kolom G menjadi bertipe Time,
contohnya 8,00 diganti menjadi 8:00
2. pada cell H2 (kolom Jam) diisi dengan formula =((G2-F2)*24)-1 lalu kopi ke
bawah
3. pada cell I2 (kolom LMB1) diisi dengan formula
=IF(P2>=8;1;IF((P2>7)*(P2<8);P2-7;0))
4. pada cell J2 (kolom LMB2) diisi dengan formula =IF(P2>7;P2-Q2-7;0)

kelihatannya Pie mau menghitung jumlah jam kerja lembur berdasarkan
KEP-102/MEN/VI/2004 ya?
jika benar dugaan Jan, dasar jam kerja yang dipakai berdasarkan ilustrasi pada
sampel adalah 7 jam per hari dan 6 hari per minggu..

sekedar usul dari Jan, seharusnya yang dihitung adalah langsung ke tarif
lemburnya..
misal:
kurang dari 1 jam = 0
1 jam pertama = 1,5
jam ke 2 sd 4 masing-masing = 2
hari libur maka langsung masuk ke LMB 2 dengan total jam lembur langsung dikali
2

cara ini akan lebih memudahkan HR untuk langsung menghitung jumlah upah lembur
yang harus dibayar ke masing-masing karyawan, karena hanya tinggal membagi gaji
karyawan sebulan dengan angka 173 lalu mengalikan nilai tersebut dengan total
tarif lemburnya

maaf kalo salah duga dan sengaja tidak melampirkan workbook solusinya..
maklum Jan kadang agak sotoy.. xixixixixi ^_^

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 23 Agustus 2013 11.31, indria pie <mas_p...@yahoo.co.id> menulis:

>dear miss jan raisin
>1. bisa saja sih itu diubah, monggo. cuman sebagai catatan itu adalah hasil
>dari file dbf program payroll kami yang saya buka di excel 2003 bentuknya apa
>adanya seperti itu.....
>2. regional setingnya pake indonesia....
>

>terima kasih sebelumnya,
>

>salam,
>pie

> Dari: Jan Raisin <miss.jan.rai...@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Jumat, 23 Agustus 2013 10:44
>Judul: Re: [belajar-excel] Hitung Absen Payroll

> [...]

Kirim email ke