Terimakasih Mr.Kid penjelasannya sangat detail, menjadi ilmu baru bagi saya
mengenai fungsi lookup. Jazaakumullah Khairan Katsiraa ...

From: "Mr. Kid" <mr.nm...@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 29 Aug 2013 21:50:00
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] nomor urut

Ok.

Formula di cell i2 (kolom i mulai baris 2 akan menjadi kolom hasil. Cell i1
berisi header tabel hasil)
=*IFERROR(* *LOOKUP( 2 , 1/(C$1:C1=C2) , I$1:I1 )* *+1* *, 1 )*
Bahasa manusia :
"cel, tulung carikan data terakhir [*LookUp( 2 ,*] yang isi data kolom C
sampai dengan baris sebelumnya [*C$1:C1*] sama dengan isi kolom C baris ini
[*=C2*] dan ambil nomor urutnya  [*I$1:I1*], lalu tambah 1 [*+1*]. Kalau
ndak ada (si fungsi lookup menghasilkan error) [*IFERROR(*], berarti baris
itu adalah item baru dan harus dikasih nomor urut 1 lagi [*1*]"

*Bagian A :* *LOOKUP( 2 , 1/(C$1:C1=C2) , I$1:I1 )*
ada 3 part, yaitu :
*1/(C$1:C1=C2)* -> larik data yang isinya :
             * jika data sampai baris sebelumnya [*C$1:C1*] memiliki nilai
yang sama dengan C2, karena 1/TRUE akan menghasilkan 1.
             * jika data sampai baris sebelumnya [*C$1:C1*] tidak sama
dengan C2, maka nilainya adalah error value, karena 1/FALSE setara 1/0

*2*  -> nilai yang di lookup ke hasil part *1/(C$1:C1=C2)*  .
            * Karena kegiatan melookup dalam Excel selalu pada typedata
yang sama dengan nilai yang di-lookup, maka ketika yang di-lookup bertipe
numerik, yaitu nilai 2, maka fungsi LookUp akan mencari di part *1/(C$1:C1=C2)
*yang bertipe data numerik dan mengabaikan yang bertipe data error value.
            * Hasilnya adalah nilai terakhir yang ada, karena nilai 2 tidak
akan ditemukan dalam larik data di part *1/(C$1:C1=C2)* , sehingga akan
mengambil nilai yang kurang dari 2 yang terakhir ditemukan.

*I$1:I1 *-> adalah larik nilai yang akan diambil ketika sudah mendapatkan
posisi hasil lookup [bagian : *LOOKUP( 2 , 1/(C$1:C1=C2)*]
            * jadi, part *I$1:I1* harus memiliki jumlah elemen (item) yang
sama dengan part *1/(C$1:C1=C2)*, yaitu sebanyak elemen bagian *C$1:C1*

*Bagian B :* *+1*
Karena proses lookup yang dilakukan adalah mencari di baris-baris
sebelumnya, maka baris hasil adalah lokasi yang harus mendapatkan nomor
urut baru. Nomor urut diinginkan memiliki interval penambahan setiap 1,
maka hasil proses lookup harus ditambah dengan 1.

*Bagian C :*  *IFERROR(      **, 1 )*
*IFERROR *-> adalah fungsi untuk mengantisipasi hasil fungsi LookUp yang
berupa error value.
              * Fungsi LookUp di bagian A bisa menghasilkan error value
ketika larik bagian *1/(C$1:C1=C2)*  menghasilkan error value seluruhnya
alias tidak ada data di baris-baris sebelumnya [*C$1:C1*] yang sama dengan
C2.
             * Artinya, fungsi LookUp tersebut menghasilkan error value
ketika bertemu nilai C2 yang belum pernah ada di baris-baris sebelumnya,
yang bahasa singkatnya adalah 'telah hadir item grup yang baru'

*1 *-> adalah nomor urut yang harus disematkan ketika bertemu item grup
yang baru.
             * Ketika fungsi LookUp menghasil error value (ada item grup
baru), maka IFError mencari nilai yang harus menjadi output, yaitu part ini

Kirim email ke