Terima Kasih Mas DP atas pencerahannya,, Berhasil,, terima kasih...

Ambo Upe
Weblog  :http://diaracommunity.blogspot.com

________________________________
 Dari: De Premor <d...@premor.net>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 30 Agustus 2013 8:14
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Mohon Pencerahan Cara Buat Add Foto di Excel

Hai Ambo Upe

Ketika sebuah tombol ditekan dia akan memanggil sebuah event bernama
    Private Sub namatombolnya_clik(), yang didalamnya bisa kita isi baris-baris
kode, dalam hal ini adalah baris kode pemilihan foto, Contoh:

Private Sub CommandButton1_Click()
    'pilih file itu dari folder sana
    'cek file yang dipilih sudah ada di folder kita belum, kalo belum maka di
copy aja kesitu dengan nama gambar1 aja deh
    'selanjutnya tampilken di kotak foto diatas tombol ini
End Sub

Kemudian, dikarenakan hal tersebut diatas perlu sampai 3 kali kita
    lakukan (berulang2 dengan kegiatan yang sama), maka untuk lebih
    efisiennya, kita buat sebuah fungsi baru

Nama Fungsinya kita ambil contoh "PilihFoto", kemudian kita beritahu
    sekalian data2 yang diperlukan agar sekiranya tujuan kita tercapai,
    yaitu Nama Gambar ketika dipindah ke folder applikasi dan nama kotak foto
diatas tombol2 Add Foto

Function PilihFoto(TagName As String, KotakFoto As Image)
    Dim FileFoto, DstFoto As String, fPath As String

    'Pilih Foto
    FileFoto = Application.GetOpenFilename("File Foto,*.jpg", Title:="Pilih " &
TagName)

    If Not FileFoto = False Then
        'Cek File, apakah berada difolder applikasi
        If Left(UCase(FileFoto), Len(ThisWorkbook.Path)) <>
UCase(ThisWorkbook.Path) Then

            'Lokasi Penyimpanan Foto jika seandainya si foto perlu dicopy
            fPath = ThisWorkbook.Path & "\Foto\"

            'Cek apakah sudah ada direktory foto, jika belum langsung buat aja
            If Dir(fPath) = "" Then MkDir fPath

            'Buat nama file baru
            DstFoto = fPath & TagName & ".jpg"

            'Copy File
            FileCopy FileFoto, DstFoto
        End If

        'Tampilkan Gambar
        KotakFoto.Picture = LoadPicture(FileFoto)

        'Pas kan seukuran kotak image
        KotakFoto.PictureSizeMode = fmPictureSizeModeStretch
    End If

End Function

Setelah sebuah fungsi baru jadi, berarti dari event tombol add foto
    tadi bisa langsung kita larikan ke fungsi baru kita diatas

Private Sub CommandButton1_Click()
    PilihFoto "Gambar1", Sheet1.Image1
End Sub

Selesai.

Rgds,
[dp]

On 29-08-2013 22:35, Ambo Upe wrote:

>Terima Kasih Banyak pencerahan mas DP dan HK,,
>
>tapi bisa ngggk ya saya mohon bantuannya lagi, supaya bisa
              sama persis seperti contoh file ini. karena sudah saya
              utak-atik atik tetap tidak bisa

> [...]
>

>________________________________
> Dari: Ambo Upe <upe_anako...@yahoo.co.id>
>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Kamis, 29 Agustus 2013 8:52
>Judul: [belajar-excel] Mohon Pencerahan Cara Buat Add Foto di Excel
>

>Salam,
>Mohon Pencerahannya, penting,,, seh...
>Bagaimana cara menambahkan foto :  ketika Tombol Add Foto diklik, maka akan
>diarahkan ke tempat penyimpanan foto , dan foto akan muncul/terlihat . dan
>foto tersimpan secara  otomatis kedalam folder baru,  dalam satu file

Terima Kasih

>Ambo Upe
>Weblog  : http://diaracommunity.blogspot.com

Kirim email ke