From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On
Behalf Of nmkid.fam...@ymail.com
Sent: Thursday, September 12, 2013 12:33 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Re: Satu ke Banyak

*** kok posting yang ini belum masuk ke Inbox saya ya. Ada apa dengan
Yahoogroups ***

Dear Nico,

Maaf ndak bisa melampirkan file karena langsung dari website milis.
Semoga bersedia mencoba langkah berikut :
1. beri data validation pada C1, supaya user bisa pilih TRUE atau FALSE

2. copy data validation ke kolom A di record data (A3:A10), supaya bisa edit
status setiap record dengan memilih TRUE atau FALSE

3. menyusun formula bantu penggabung teks terpilih sesuai kriteria
(kriteria : nilai di kolom A baris tersebut sama dengan nilai di C1)
=c2&REPT(" + "&b3,a3=$c$1)
** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, ganti seluruh
karakter koma dalam formula dengan karakter titik koma.

4. copy formula ke seluruh record data (ke C4:C10)
(sebenarnya bisa di fill down atau copy paste biasa, tapi cara diatas untuk
memasyarakatkan pemanfaatan fitur-fitur cantik Excel di bagian Paste Special)

5. pasang formula pengambil hasil gabungan teks di B1
=Mid( c10 , Len( c10 ) )
** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, ganti seluruh
karakter koma dalam formula dengan karakter titik koma.
** jika record sering berubah-ubah jumlahnya, ganti tulisan berbunyi c10 yang
ada dalam formula dengan :
LookUp( "z" , C:C )
sehingga formula di B1 akan menjadi :
=Mid( LookUp( "z" , C:C ) , Len( LookUp( "z" , C:C ) ) )
(formula LookUp tersebut adalah formula untuk mengambil data terakhir bertipe
teks yang ada di kolom C)

6. tersenyumlah, karena sudah ndak bikin puyeng lagi, kecuali formula di atas
ada yang keliru. Kalau ada yang keliru, mohon dikoreksi ya.

Moga-moga ada BeExceller yang di-Inbox-nya ada postingan ini bisa me-reply
beserta file hasil berjalan mengikuti langkah diatas. Malah mungkin si penanya
yang bersedia posting hasilnya.

Lumayan, bisa jadi sedekah ilmu. Ayo-ayo, jangan pelit waktu dan ilmu untuk
berbagi. Insya Allah selama ikhlas gak akan ada kerugian yang muncul dari
berbagi ilmu.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Rusdiyanto, Nicodemus"