________________________________
 Dari: Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 10 Oktober 2013 8:04
Judul: Re: [belajar-excel] edit link

Boleh pakai VBA ya... (security macro harus di-Enable)
VBA nya dipakai untuk membuat fungsi (UDF) cek keberadaan si file.
Bunyi UDF nya begini : (ke VBE -> menu Insert -> Module -> copas script ke
lembar baru yang terbentuk -> save as workbook sebagai .xlsm)
public function AdaFile( sFile as string ) as boolean

   application.volatile true

   adafile=(lenb(dir$(sfile))<>0)
end function

Fungsi bernama AdaFile bisa dipakai di cell seperti fungsi bawaan Excel.
Misal di A1 ada nama file lengkap (drive:\folder\sub folder\nama file.ekstensi)
di B1 diberi fungsi AdaFile berbunyi :
=AdaFile( A1 )

hasil fungsi AdaFile adalah TRUE ketika ada filenya dan FALSE ketika tidak ada
filenya (entah dihapus atau dipindah ke folder lain)

Letakkan saja nama-nama file (fullname) di sebuah sheet. Jadi kolom A isinya
nama-nama file yang dipakai sebagai link, dan kolom B berisi formula cek
keberadaan file menggunakan fungsi AdaFile tadi.

Di sheet kerja yang butuh link ke file yang ada di A1 sheet daftar file tadi,
pada cell yang berisi formula link ke file tersebut diubah sedikit.

Misal formula aslinya berbunyi :

='drive:\folder\subfolder\[nama file.ekstensi]sheetnya'!di4

diubah menjadi :

=IF( sheet_daftar_file!$b$1 , 'drive:\folder\subfolder\[nama
file.ekstensi]sheetnya'!di4 , "" )

2013/10/8 Jan Raisin <miss.jan.rai...@gmail.com>

>Kalo begitu keadaannya..

>satu-satunya cara adalah menggunakan vba..
>coba ikuti pembahasannya mulai dari link ini
>

>-Miss Jan Raisin-

Kirim email ke