Script hasil record macro harus disederhanakan mbak/bu....
supaya ndak terlalu besar.

yang ndak penting dihilangkan.
yang bisa diproses bersamaan dikumpulkan.
sebenarnya proses record macro juga membutuhkan teknik tersendiri agar
script yang dihasilkan dapat ringkas dan padat (tidak banyak hal yang ndak
perlu).

Silakan dipelajari lagi cara record macro yang efesien (biasanya harus
paham seluk beluk fitur Excel termasuk shortcut selain sudah mendapatkan
urutan proses kerja manual yang efisien).

Sebuah prosedur biasanya dibatasi 64KB. Agak repot untuk mengkonversi ke
jumlah barisnya. Mungkin sekitar 1000 atau lebih dikit baris kali ya...