Hai Wawan,

Yang nomor 1 saja ya (yang nomor 2 masih kurang paham maksudnya)
1. pada tabel data, pastikan sudah di-sort berdasar tanggal.
2. di kolom baru (paling kanan) dibuat kolom baru, misal bernama Jml_PR dan
pada record pertama diberi formula
      =( tanggal baris itu <> tanggal baris atasnya ) * 1
     kalau record pertama ada di baris 21 (karena header di baris 20) dan
kolom tanggal ada di kolom A, maka formulanya :
     =( a21 <> a20 ) * 1
3. copy cell berformula tersebut ke baris data selanjutnya (manfaatkan
fitur Excel Table jika formula ingin di-copy-kan oleh Excel ke record baru
yang ditambahkan dikemudian hari)
4. ke sheetnya pivot table
5. klik pivot table -> menu PivotTable Tools -> ribbon Options -> group
Data -> Change Data Source -> pastikan kolom baru yang berformula juga
sudah terblok -> OK sampai kembali ke worksheet
6. tarik field bernama kolom baru tadi (Jml_PR misalnya) ke bagian Values,
pastikan jenis summary-nya adalah Sum.
7. pasang subtotal pada field tanggal dalam pivot table (klik kanan field
tanggal dalam pivot table -> centang item subtotal blabla)

>  Dear Para Master Excel,
>

> Saya masih awam dengan rumus fungsi excel, dapat tugas untuk menyediakan
> data tentang Rekap PR dan pengisian otomatis Form PR baik nomor PR maupun
> combo box PR.
>

> Mohon bantuan agan-agan sekalian untuk menyelesaikan 2 masalah dibawah ini
> (file terlampir):
>
> 1.       Pada Worksheet Pvt Rekap PR ingin ada total Tgl PR tapi
> menunjukan jumlah Create PR per harinya. Misalnya per tgl 3 Feb 2014 ada 8
> PR dan Tgl 4 Feb ada 4 PR.
>
> 2.       Pada Worksheet Form PR, bagaimana create combo box pada Kolom
> [...]

Kirim email ke