Wa'alaikumussalam,

Pak Tjahya,

Boleh ya pakai pivot table.
File terlampir mengubah tabel data menjadi memanfaatkan fitur Excel Table,
sehingga formula di 2 kolom bantu bisa otomatis di-copy-ken oleh Excel ke
setiap record baru yang ditambahkan.
Tabel data diberi nama _myTable_ yang menjadi data source bagi pivot table
yang ada di sheet Output.
Pada Excel 2010 ke atas, pada menu PivotTable Tools (ketika pivot table
di-klik) -> ribbon Design -> group Layout -> item Report Layout ada pilihan
repeat all item labels, sehingga output bisa menampilkan lebih mirip sesuai
keinginan.

Wassalamu'alaikum,