Hai Vinna,

coba susun surat jalan dalam tabel yang baik:

   1. Selalu dimulai dari cel paling pojok kanan atas (cel A1)
   2. Baris pertama adalah header data
   3. Baris kedua ke bawah adalah isi data
   4. Data disusun dengan orientasi vertikal (data baru diinput di bawah
   data lama)
   5. Tipe data dalam setiap kolom yang harus sama, Misal kolom A berisi
   tanggal (tipe DateTime), kolom B berisi Nama Customer (tipe Text), kolom C
   berisi Qty (tipe: Numeric)
   6. Tidak boleh ada baris kosong antar data, untuk data kosong bertipe
   numerik diisi dengan 0 (Nol) dan Text diisi dengan Null String
   7. Tidak boleh ada merge cel di header maupun di data

Hindari menggabungkan antara database dengan report ke dalam 1 tabel yang
sama, jika data disusun dengan kaidah database yang baik maka untuk proses
selanjutnya (perhitungan atau pembuatan report) akan lebih mudah.

Wassalam,

-dwint-

Pada 12 April 2014 11.38, vinnaviniw <vinnavi...@yahoo.com> menulis:

> Siang mr.kid
>
> Saya baru 1 minggu menjadi followup perusahaan textile.. mohon bantuannya
> bagaimana saya harus merekap surat jalan di excel antar customer agar lebih
> mudah ketika ada makloon datang dan keluar
>
> Karena setelah saya amati. Boss saya di kantor tidak rapih merekap data
> surat jalan. Sehingga ketika ada kesalaham sulit untuk mereview kembali..
> mohon bantuannya :)

> Isi subject email dengan judul yang mewakili kasus,
> hindari kalimat "Tolong dong..", "Tanya dong.. " dan sejenisnya.
> [...]

Kirim email ke