Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Hai mas Agus,

Masih suka dengan link antar workbook berupa formula ya... bagaimana kalau
mencoba fitur get external data ?

btw,
untuk unhide sheet di file lain : misal workbook A1 di drive D folder FA
dan workbook K1 di drive D folder FK dan bekerja di workbook A1 untuk
umhide sheet bernama 'Sembunyi' di workbook K1 (object sheetnya misal
bernama shtApaAja di VBE). Mau copy cell M1:X17 yang ada di sheet Sembunyi
dalam file K1 ke workbook A1 ke sheet bernama Tujuan di cell GJ17

dim wbkA as workbook, wbkK as workbook

set wbkA=thisworkbook
set wbkK=workbooks.open("D:\FK\K1.xlsx")
'kalau pengen buat visible doang
wbkK.sheets("sembunyi").visible=xlsheetvisible

'tapi kalau mau copy doang, ndak usah di-visible juga bisa
wbkK.sheets("sembunyi").range("m1:x17").copy
wbkA.sheets("tujuan").range("gj17")   'kalau copy paste
'atau kalau mau copy paste special values
wbkK.sheets("sembunyi").range("m1:x17").copy
wbkA.sheets("tujuan").range("gj17").pastespecial xlpastevalues

'mau tutup workbook K1 tanpa save
wbkk.close false

;)

Jadi, ketika bermain object, ndak perlu segala sesuatu harus di-select baru
di pakai...
Coba bayangkan kejadian ini, enak mana, kejadian 1 atau 2
*kejadian 1 :*
'Cel... angkat saya yang berbobot 50KG ini ke sheet 'tempat data' di kamar
(range) bernomor GJ17
'dan letakkan saya disana
' >> si Excel bisa bersungut-sungut sambil ngegerundel... *cape de...
angakat gajah itu berat kelleeezzz... (sambil tepok jidatnya windows)*
    sheets("tempat data").range("gj17").select

'Cel... salin itu semua hal, dari nilai, format, dan sebagainya yang ada di
kamar ini
    selection.copy

'Cel... sekarang bawa saya ke sheet ruangan atasan di kamar (range) AY3
     sheets("ruangan atasan").range("ay3").select

'Cel... kamu kudu nyalin nilainya doang yang kamu bawa dari kamar GJ dulu
itu ke ruangan ini (kamarnya atasan)
    selection.pastespecial xlpastevalues

*kejadian 2 :*
'Cel... kamu ke sheet tempat data, masuk ke kamar GJ17 dan salin semua hal
yang ada disana
    sheets("tempat data").range("gj17").copy

'Cel... kamu kerjanya bagus... sekarang kamu ke ruangan atasan masuk kamar
AY3 dan salin nilainya saja ya... cemungud Cel
    sheets("ruangan atasan").range("ay3").pastespecial xlpastevalues

;)
karena saya tergolong pemalas, maka saya lebih suka kejadian 2.
karena saya kuatir jatuh dan keseleo apalagi berpotensi geger otak, maka
saya ndak suka digotong sama si Excel yang ceking kemana-mana...

so...
object oriented lah yang pemrograman lebih terasa manusiawi dan mesiniawi
ketika kita bersedia belajar... dan katanya, ilmu itu akan lebih membuat
dan cenderung kuat membuat inang si ilmu menjadi lebih bijak... katanya loh
ya... saya cuman ikut ngatain aza...

> Kepada member B-Excel
>
> Asalamualaikumwarahmatullah.
>
> Salam sejahtera untuk kita semua,
> Saya mencoba membuat formula yang referensinya kepada sheet tersembunyi
> di file lain, (formulanya hanya = A1). ternyata tidak bisa karena
> sheetnya tersembunyi. Kemudian saya berpikir jika sheetnya tidak
> tersembunyi pasti bisa dibuat.
> Permasalahannya saya tidak dapat membuat sheet tersebut terlihat dari
> file lain.
>
> Saya buat macro di file 2 sebagai berikut:
> Windows(File1).Activate
> Sheet1.Visible = xlSheetVisible

> [...]

Kirim email ke