Kira-kira, bersediakah jika membuatkan sebuah sheet yang bisa diisi seluruh
data dari ke-4 sheet tersebut ?
Soalnya di sheet retur beli ada nama kolom yang duplicate dan hal ini
kurang baik.

Excel berbeda dengan database. Pada database, setiap tabel biasanya
dibedakan. Tapi, database punya kemampuan yang sangat cepat (jauh jauh
sangat sangat lebih cepat dibanding kemampuan Excel dalam menggabungkan
data).

Berhubung bekerja dengan Excel, kalau bisa data dikumpulkan menjadi sebuah
sheet karena hakekat nya sama.
Misal :
- transaksi uang masuk dan keluar memiliki hakekat tentang nilai uang.
- barang masuk dan keluar berhakekat tentang quantity barang.
- Absensi pegawai masuk, keluar istirahat, masuk istirahat, akhir jam
kerja, mulai lembur, selesai lembur, tidak masuk memiliki hakekat tentang
waktu kerja.
- Data transaksi kegiatan murid suatu sekolah berisi nilai IPA, IPS, dsb,
untuk PR, UTS, UAS, dsb memiliki hakekat yang sama tentang nilai hasil
kerja si murid.
- Data pegawai tentang tanggal masuk, tanggal naik pangkat, tanggal di
mutasi, tanggal pindah jabatan, tanggal pensiun, dsb berhakekat tentang
waktu status pegawai dalam pekerjaan.

Hal-hal diatas bisa disimpan dalam sebuah sheet jika di Excel. Jika di
database engine, hal-hal di atas bisa bervariasi peletakannya, ada yang
sebaiknya di pisah dalam beberapa tabel, dan ada yang sebaiknya tinggal
dalam sebuah tabel.

Ketika Excel harus bekerja dalam banyak sheet dalam memilih data yang akan
diproses untuk menyusun suatu informasi, sedangkan data per sheet bisa
banyak, maka potensi Excel untuk melambat kinerjanya akan semakin besar.
Apalagi mulai xl2007 sudah berisi sampai 1M rows.

File terlampir sekedar contoh data-data pokok tentang nilainya saja. Kolom
info1 sampa sekiun adalah kolom-kolom lain yang bisa digunakan untuk data
lainnya. Coba isi pada sheet data di baris kosong pertama pada kolom
tanggal sampai kolom terkanan yang tampak. Kemudian ke menu Data -> tekan
tombol Refresh All lalu lihat ke sheet Output.