Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Hai Suprianto,

Sudah cukup lama juga topik ini.

Coba begini : (sesuaikan rujukan cell dengan data real anda)
1. sheet (data) =bagaimana cara membatasi inputan yang sama tidak lebih
dari 9x.
headernya di baris 1 (data pertama A2).
- blok data kolom A dari A2 sampai data terakhir di kolom A yang sudah
terisi (misal sampai A7), dimulai dari cell A2.
- buat data validation dengan cara : ribbon Data -> group Data Tools ->
Data Validation
- muncul dialog window : Allow : pilih List -> Formula : isi bunyi berikut :
            =CountIF( $a$1:$a1 , $a2 ) < 9
- klik tab Error Alert -> isi pesan kalau user mencoba mengisi sesuatu yang
sudah ndak boleh (dalam hal ini isi data yang jumlah cacahnya akan menjadi
10, 11, dst...
- tekan OK
- [optional] copy data validation ke cells calon lokasi input (hal ini
tidak diperlukan jika tabel data dibuat sebagai Excel Table)
- coba input data di cell A8 dst

2. sheet (print2) = membuat nomor urut pada Pivot ….
nomor 1 di atas. Artinya, nomor urut record yang ditampilkan dalam pivot
table akan dapat dengan mudah ditentukan jika di-filter berdasar kolom A
saja, karena setiap item kolom A hanya boleh berulang 9 kali (hanya ada 9
record).

Tambahkan sebuah kolom di tabel data, kemudian pada baris 2 (record pertama
data di kolom yang baru tersebut, misal kolom barunya di kolom X) diberi
formula (di X2) :
=CountIF( $a$2:$a2 , $a2 )
lalu copy ke bawah (ke seluruh record data yang sudah ada). Jika tabel data
sudah dibentuk menjadi Excel Table, maka proses copy formula seperti ini
tidak dibutuhkan.

Di pivot table, lakukan :
a. refresh pivot table
b. tarik field kolom baru tadi ke bagian rows sebagai item pertama atau
setelah field milik kolom A (jika kolom A dipasang di bagoan Rows pivot
table) dalam bagian rows.
c. coba filter pivot table berdasar field milik kolom A.

*** Jika ternyata di-filter bukan berdasar kolom A, maka tidak memungkinkan
menyusun sumber data pivot table beserta nomor urutnya yang dapat
ditampilkan dalam pivot table tanpa me-refresh ulang pivot table.

:( tanpa file lampiran
coba dulu saja ya...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Assalamu’alaikum Wr.Wb.
>
> Suasana Lebaran masih terasa dan saya mengucapkan
> “ Mohon maaf Lahir dan Batin”
>
> Dear para Master Excel,
>
> Mohon bantuannya….
> Langsung saja….
> Saya memiliki file data_tugas dan pada:
> - sheet (data) =bagaimana cara membatasi inputan yang sama tidak
> lebih dari 9x.
> - sheet (print2) = membuat nomor urut pada Pivot ….
>
> Untuk lebih lengkapnya mohon para Master melihat pada file (terlampir).
>
> Atas bantuan para Master, saya ucapka banyak terima kasih…

> [...]
  • [belajar-excel] M... supri anto supriantohdl07ex...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
      • Re: [bel... supri anto supriantohdl07ex...@gmail.com [belajar-excel]
        • Re: ... supri anto supriantohdl07ex...@gmail.com [belajar-excel]