Rekan2 Be-Excel,

Pertama2 saya ingin berterima kasih kepada Mr. Kid yang telah menunjukkan jalan
masuk (pengenalan SQL) dan Pak Zainal Ulum yang telah membukakan pintu masuk
untuk memahami SQL lebih jauh.

Sesuai petunjuk dan arahan beliau2, saya coba menyusun ulang SQL "sederhana"
untuk mengolah 3 sheets, yaitu Stok (Awal), Beli dan Jual.
Tujuannya adalah menghitung Gross Profit dan Saldo Akhir dengan menggunakan
data yang ada pada ketiga sheet tersebut dimana data pada masing-masing sheet
dapat ditambah atau dikurangi.
(File dan SQL Statementnya terlampir; directory yang saya gunakan adalah G:\SQL
dan EXCEL\SQL TBL).

SQL Statemen untuk menghasilkan tabel output 12 kolom adalah sebagai berikut:
Select s.Nama_Brg, s.Qty, s.Nilai, b.Qty_Beli,
b.Nilai_Beli,(s.Nilai+b.Nilai_Beli)/(s.Qty+b.Qty_Beli) As HPP_Unit, j.Qty_Jual,
j.Nilai_Jual,  j.Qty_Jual*HPP_Unit as Total_HPP, j.Nilai_Jual-Total_HPP as
Gross_Margin, s.Qty+b.Qty_Beli-j.Qty_Jual as Qty_Akhir,
s.Nilai+b.Nilai_Beli-Total_HPP as Nilai_Akhir
>From ([G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_PL.xlsx].[Stok$] as s
Left Join
(Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0,Sum(Qty)) As Qty_Beli,
IIF(Sum(Qty*Hrg) is NULL,0,Sum(Qty*Hrg)) As Nilai_Beli
>From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_PL.xlsx].[Beli$]
Group By Nama_Brg) as b
on s.Nama_Brg =b.Nama_Brg)
Left Join
(Select Nama_Brg, IIF(Sum(Qty) is NULL,0, Sum(Qty)) As Qty_Jual,
IIF(Sum(Qty*Hrg) is NULL,0, Sum(Qty*Hrg)) As Nilai_Jual
>From [G:\SQL dan EXCEL\SQL TBL\STOK_PL.xlsx].[jual$]
Group By Nama_Brg) as J
on s.Nama_Brg =j.Nama_Brg

Pertanyaannya:
Adakah cara untuk meringkas SQL statement pada baris pertama tersebut ?

Adapun kolom2 output (hasil)nya adalah sbb:
Nama_Brg
 Qty
 Nilai
 Qty_Beli