Dear All,

Makasih yaa, Alhamdulillah sudah bisa.

Jazaakallahu Khoir

Pada Jumat, 12 September 2014 14:39, "'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com
[belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

Maksudnya Pak Lukman adalah mengubah Calculation Options menjadi Automatic.
Caranya sudah dijelaskan Pak Lukman.

pada xl2007 ke atas :
ribbon Formulas -> group Calculation -> klik Calculation Options -> pilih
Automatic

pada xl2003 ke bawah :

menu Tools -> pilih Options -> muncul dialog window -> klik tab Calculation ->
lihat bagian Calcualtion -> pilih Automatic -> tekan OK

Pada saat calculation options diset Manual, maka formula yang sudah ada tidak
dikalkulasi. Formula baru (baru ditulis atau baru selesai di-edit) akan
dikalkulasi. Itu sebabnya, jika pada cell berformula di tekan F2 (edit formula
di formula bar) lalu di Enter (alias setatuse baru saja selesai edit formula)
maka hasil formula adalah benar.

Set calculation ke manual akan mempercepat kerja Excel yang banyak berisi
formula, karena proses kalkulasi Excel bisa ditunda sampai suatu saat nanti.
Manfaatnya sangat terasa ketika kalkulasi Excel mulai membuat sebel si user
sama si Excel gara-gara muncul persentase kalkulasi dari 1% sampai 100% naiknya
pelan-pelan. Soalnya, calculation manual akan memaksa Excel duduk diam tidak
segera mulai mengkalkulasi, jadi barang yang nyebelin tersebut ndak tampak
dengan serta merta.

Jika diset Calculation Manual, kapan Excel mau mengkalkulasi ?

1. saat user membuat formula baru atau mengedit formula yang sudah ada (per
cells yang kena)

2. saat user pencet F9 (kalkulasi seluruh workbook) atau SHIFT  F9  (kalkulasi
sheet yang aktif saja)

3. saat user save workbook dan pada Excel Options, opsi Recalculate before save
atau semacamnya dalam keadaan tercentang.

4. ada script VBA yang memerintahkan save dalam keadaan seperti nomor 3 atau
memerintahkan kalkulasi

Kirim email ke