Hai Boni,

Bukan pivot tables nya yang membuat masalah, tetapi memang bawaan dari orok
si file Excel adalah bekerja Exclusive.

Pada kasus ini, fitur Connection hasil Get External Data (yang bisa bekerja
secara luas pada berbagai database) berbenturan dengan sifat Exclusive si
file Excel. Tapi, bukan berarti ketika di-shared workbook terus masalah
selesai loh. Shared workbook seperti proses buka tutup workbook di dalam
sana (yang tak diketahui user).

Jika memang data sering di-Update, mungkin akan lebih baik jika mulai
diletakkan pada sebuah aplikasi database atau malah system database. Excel
adalah aplikasi spreadsheet dan bukan aplikasi database, meski (saat ini
Excel) punya kemampuan untuk bekerja bersama data lain.

<belajar-excel@yahoogroups.com>:

> sore mr.kid
> terima kasih atas bantuannya.saya sudah download Microsoft Office 15.0
> access blabla OLE DB ternyata office saya pakainya versi 12.0
>  lalu saya ikuti langkah2 yang telah diajarkan dan berhasil .saat ini
> masalah yang timbul :
>
> pada saat file data di buka jika file pivot sudah terbuka pilihannya
> otomatis read only. tapi kalau file data di buka lebih dahulu baru setelah
> itu file pivot yang dibuka maka file data bisa diedit karena bukan read
> only.
>
> mohon pentunjuknya atas masalah saya ini
> [...]

Kirim email ke