Pak Rasyid,

Menggabungkan isi cell kedalam sebuah cell disebut concatenation. Fungsi
yang dibutuhkan adalah concatenate. Selain menggunakan fungsi tersebut,
operator amphersand '&' juga bisa digunakan untuk tujuan yang sama. Nilai
data hasil inputan langsung maupun hasil kalkulasi suatu formula dapat
digabungkan.

Contoh :
ada nilai data bertipe teks di A1 (anggap saja hasil formula) :
="Apel"

nilai data di cell B1 :
="Salak"

Jika akan menggabungkan A1 dengan B1, bisa dengan formula berikut : (misal
hasil formula diletakkan di C1)
=A1 & B1
hasilnya :
ApelSalak

Kemudian ingin memberi pemisah antar nilai data yang digabungkan. Misal
ingin memberi pemisah berupa teks berbunyi ", " (koma diikuti sebuah
spasi), maka formula diubah menjadi :
=A1 & ", " & B1
hasilnya :
Apel, Salak

Kadang kala cells yang digabungkan tidak ada isinya, maka perlu dicek
dahulu apakah cell tersebut ada isinya. Fungsi Len (menghitung jumlah
karakter) bisa digunakan.
=Mid( IF( Len( A1 ) , ", " & A1 , "" ) & IF( Len( B1 ) , ", " & B1 , "" ) ,
3 , 999 )
Hasilnya :
Apel, Salak        -> jika cell A1 ada isinya
Salak                -> jika cell A1 kosong
Apel                  -> jika cell B1 kosong
karakter nullstring -> jika cell A1 dan B1 kosong

Mungkin demikian yang diharapkan. Mohon maaf jika kurang sesuai keinginan.

[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Yth. para master excell dan rekan rekan dalam group
> Saya mengalami kesulitan dalam menggabung cell di excell, saya inginnya
> kata-kata yang sama hanya muncul sekali. file terlampir
>
> --

  • [belajar-excel] Men... Syamsudin Rasyid syamsudi...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar-e... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
    • Re: [belajar-e... lkm jktind lkmjkt...@gmail.com [belajar-excel]