Terima kasih pak Lukman atas masukannya.
Saya sendiri banyak belajar macro dari mbak Siti, Mr. Kid dan para sesepuh
lainnya, khususnya melalui jawaban2 beliau2 di milis.

Satu hal yang saya amati bahwa ada satu pola dari setiap macro yang dibuat,
yang kemudian bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan (seperti yang pernah saya
jelaskan dalam milis sebelumnya).

Untuk itu, perlu dibuatkan urutan bahasa manusianya dulu baru dibuatkan
macronya tahap demi tahap.

Khusus masalah Pak Yadix...
Jika kebutuhannya beberapa kali proses pun maka macro mbak Siti tetap bisa
dipakai..
asalkan setiap kali proses ada macro yang menghapus seluruh sheet selain sheet
Master, hasil proses sebelumnya (sdh ada dalam macro yang saya modifikasi) dan
hasil yang diinginkan adalah secara akumulatif untuk masing2 ID (desa,
kecamatan atau bahkan No Induk).

Salam,
HK

On Wednesday, 24 September 2014, 9:05, "lkm jktind lkmjkt...@gmail.com