Hai Dede,

Untuk kirim email, biasanya paling mudah adalah memastikan bahwa outlook
bisa mengirim email ke akun email lainnya dengan akun email yang akan
digunakan. Kemudian melihat setting outgoing email di outlook atau aplikasi
email lainnya yang digunakan di komputer untuk dipasang pada script
pengirim email.

Misal pakai outlook.
Si A ingin mengirim email dari akun email kantornya yang bernama
a...@kantor.com
Maka langkah pertama, si A akan membuka outlook dan mencoba mengimil akun
email lain dengan akun email a...@kantor.com

Jika outlook tidak bisa mengirim email, buat agar bisa mengirim email lebih
dulu (supaya ndak bingung cara tanya ke admin server).

*PERINGATAN !!!*

*   JANGAN melangkah ke baris berikutnya jika outlook belum bisa mengirim
email keluar*
Setelah akun a...@kantor.com bisa kirim email keluar, maka bisa mulai melihat
account settingnya.
Catat jawaban dalam account setting untuk item berikut :
1. Email address : ini adalah akun email yang akan digunakan si a untuk
mengirim email keluar.
2. Outgoing mail server (smtp) : ini adalah server email, pada kasus si A,
maka akan merujuk ke server email kantornya si A, seperti smtp.kantor.com
atau suatu ipaddress tertentu yang diset oleh admin server kantor ke dalam
outlook si A.
3. Port si outgoing server : port nya komputer server (bukan komputer yang
dipakai nulis email), jadi harus tanya admin dari komputer smtp.kantor.com
atau lihat di advanced setting dari si account

4. Login User Name : kalau ada isinya, berarti setiap kali mau pakai email
address (no 1) harus login dulu. Contoh, kalau mau pakai ekun email
gmail.com harus login ke google mail dulu. Nah inilah username untuk
loginnya.
5. Login Password : yang ini adalah password untuk loginnya

Setelah mencatat 5 hal diatas, baru mulai membuat script VBA untuk kirim
email.
Misal si A mencatat dari account settingnya begini :
1. email address : (untuk from) a...@kantor.com
2. outgoing server : smtp.kantor.com
3. port outgoing server : 1234 (tiap komputer server bisa beda2)
4. harus login dengan user nama pegawai_a
5. password untuk login user pegawai_a berbunyi PaSsWoRdSiA

Misal pakai CDO.
Cek ada tidaknya file cdosys.dll di komputer setempat
> di windows explorer -> klik drive C atau drive OS nya -> di texbox search
tulis cdosys.dll -> tunggu hasilnya
> kalau tidak ada penampakan file tersebut, lapor ke admin komputer
setempat agar di-install-ken dulu

*PERINGATAN !!!*

*   JANGAN melangkah ke baris berikutnya jika file cdosys.dll belum
ter-install dan teregistrasi ke windows registry*

Dalam script pengirim email dengan CDO ada 6 bagian pokok, yaitu :
1. deklarasi object email beserta init nilai awal object email
2. konfigurasi outgoing server
3. setting header email (From,To,Cc,BCc)
4. memasukkan teks email
5. memasang attachment (optional)
6. mengirim email

Bagian 1 : deklarasi object email beserta init nilai awal object email
'asumsi gak pakai referensi ke cdosys.dll alias on the fly pake late binding
dim oCDO as object
dim sSchema as string
set oCDO = createobject("cdo.message")   'ini buat email baru

Bagian 2 : konfigurasi outgoing server
'dimulai dari set schema untuk library cdomessage milik si MS sampai
seluruh setting outgoing server
sSchema="http://schemas.microsoft.com/cdo/configuration/";   'ini standarnya
cdomsg MS
oCDO.configuration.load cdodefaults    'loading default config
with ocdo.configuration.fields    'mau ubah setiap field konfigurasi
   .item(sschema & "sendusing")=2   'mau kirim pake port
   .item(sschema & "smtpserver")="smtp.kantor.com"  'ini outgoing server
email kantornya si A tadi
   .item(sschema & "smtpserverport")="1234"  'kata admin kantornya si A,
itu nomor port si outgoing server email kantor si A

'bagian login masuk
   .item(sschema & "smtpauthenticate")=1   'kata admin email kantor, harus
login dulu
   .item(sschema & "sendusername")="pegawai_a"
   .item(sschema & "password")="PaSsWoRdSiA"
   .item(sschema & "smtpusessl")=1     'pakai SSL

'selesai setting, di-update-lah si konfigurasi supaya menggunakan yang
sudah di-set
    .update
end with

Bagian 3 : setting header email (From,To,Cc,BCc)
'asumsi, akun email di bagian To,Cc,BCc adalah sama dan ada 3 akun email,
sesuaikan saja dengan kebutuhan
with ocdo
   .from="a...@kantor.com"   'ini akun email kantor si A yang mo dipake kirim
email keluar

   'kalau lebih dari 1 akun, tambahkan blok loop untuk susun kalimat daftar
akun emailnya,
   'bisa pakai for next disini dan data diambil dari range atau dari manapun
   'kalau gak bisa cara susun loop, sila pelajari tentang loop di blog
milis yang dimulai darisini
<http://b-excel.blogspot.com/2013/08/belajarvba-010-perulangan-1-for-next.html>
   .to="atas...@kantor.com;atas...@kantor.com;jura...@gmail.com"   'contoh
mau kirim To ke 3 akun

    'kalau pakai cc
[...]
   .cc="atas...@kantor.com;atas...@kantor.com;jura...@gmail.com"   'contoh
mau kirim To ke 3 akun

    'kalau pakai bcc
[...]
   .bcc="atas...@kantor.com;atas...@kantor.com;jura...@gmail.com"   'contoh
mau kirim To ke 3 akun

end with

Bagian 4 : memasukkan teks email
with ocdo
   .subject="Kirim imil nih"
   .textbody="Begini bunyi imilnya"
   '.htmlbody="<b>baris ini di-Bold</b>"  'contoh pake htmlbody
end with

Bagian 5 : memasang attachment (optional)
with cdo
   .addattachment "e:\dataSiA\subnya\file1.rhs"    'attachment ke-1
   .addattachment "g:\dataBawahanSiA\subSeksi\subFolder\bulan3.lap"
  'dst
 'nah... kalau ada daftar alamat filenya, ganti 2 baris itu dengan loop
 'mulai loop
      'dalam loop kasih perintah :
      '.addattachment alamatlengkapfileberdasarhasilloop
   'akhir loop
[...]

Bagian 6 : mengirim email
ocdo.send

Selesai sudah.

On Wed, Oct 22, 2014 at 12:41 PM, Dede pmaho_l...@nabatisnack.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

> [...]
>
> DD

> This e-mail and any files transmitted with it are confidential and
> intended solely for the use of the individual to whom it is addressed. If
> you have received this email in error please send it back to the person
> that sent it to you. Any views or opinions presented are solely those of
> its author and do not necessarily represent those of NABATI or any of its
> subsidiary companies. Unauthorized publication, use, dissemination,
> forwarding, printing or copying of this email and its associated

Kirim email ke