Pak Harry,

Proses buka file lain jangan diletakkan di event workbook open atau
semacamnya. Lakukan buka file dan tutup file lain di setiap proses yang
membutuhkan proses buka tutup tersebut.

Misal pada proses Save akan membutuhkan membuka file penyimpanan.xlsx, maka
diawal proses save dilakukan open file penyimpanan.xlsx. Dilakukan cek
apakah dalam keadaan readonly atau tidak. Jika terbuka sebagai readonly,
maka tutup dan lakukan pembukaan ulang. Ketika (anggap saja melalui 100
kali ujicoba buka tutup) didapati bahwa file penyimpanan.xlsx terbuka dalam
keadaan tidak readonly, maka lakukan proses copy paste data dari file
interface ke penyimpanan.xlsx. Selesai proses copy paste, lakukan save pada
file penyimpanan.xlsx dan tutup file penyimpanan.xlsx.

Di arsip milis sudah ada banyak contoh buka tutup file seperti hal
tersebut. Silakan dicoba untuk mencarinya.

Selamat mencoba.

belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Dear BeExceller,
>
> Mohon informasi dari rekan-rekan BeExceller akan situasi yang saya hadapi
> pada Workbook dan UserForm yang telah saya buat.
>
> Pada UserForm tersebut, memiliki 3 pilihan penginputan yaitu: Input, Edit
> dan Hapus. Karena muara proses penginputan, pengeditan dan penghapusan
> menggunakan file database yang berbeda yang bersifat buka tutup file
> database dan digunakan oleh banyak PC yang menggunakan file database
> tersebut, maka timbul kendala yaitu ada user (PC) yang mungkin lupa atau
> [...]

Kirim email ke