Hai Kana,

imho,
Andaikan data yang ada demikian saja, maka tidak memungkinkan untuk mengisi
nilai kolom MERK dll dengan formula. Hal ini disebabkan karena pola yang
tidak beraturan pada data sumbernya.

Jadi, pada kasus ini, nilai kolom MERK dll bisa diisi dengan formula jika
salah satu hal berikut dilakukan :
1. ubah susunan data sumber agar memiliki pola yang tetap.
atau
2. buat tabel referensi yang berupa peta data di sebuah sheet baru berisi
seluruh kombinasi penulisan data sumber di kolom A, di kolom B diisi nilai
MERK, di kolom C diisi kolom berikutnya dst, sehingga bisa dilakukan proses
lookup dengan formula memanfaatkan fungsi vLookUp.

Tapi, itu sekedar pendapat saya. Bisa jadi BeExceller lain mampu
memisahkannya dengan baik walau pola datanya tidak teratur. Kita tunggu
saja yak....

belajar-excel@yahoogroups.com>:

> Dear Bapak kid
>

> Terima kasih banyak atas formulanya.
>
> tapi MERK     TYPE    KODE    KET    KET/BAHAN yang saya marking dengan
> warna kuning di file excel itu menggunakkan formula apa?
>

> Mohon Bantuannya dan file terlampir.
>

> Rgrds
>

> Kana

Kirim email ke