Hai Abi,

hehehe... ndak mudeng bagaimana cara me-rekap-nya. Maksudnya, kolom mana
yang dikalkulasi.

btw,
1. Jika akan tetap mempertahankan bentuk yang rumit seperti yang telah Anda
susun, silakan lihat di file lampiran bernama
re-*r1*_C_Users90000415Documentsdata
pemakian solar.xlsx
sheetnya, dan semakin banyak macam item nomor kendaraannya, maka formulanya
akan semakin berat karena ada array formula disana.
kolom bantu di setiap sheet data) berdasar 2 sheet data saja. Silakan
dilengkapi sendiri untuk 31 sheet data yang Anda miliki.
rasanya. Bagaimana kalau ada bagian formula yang harus di-edit nantinya
ya...
tapi, jangan percaya dengan omongan saya di atas. itu sekedar khayalan saja
kok. jadi, maju terus pantang mundur... ;)

2. Jika bersedia mengubah cara menyimpan datanya, bisa dilihat di satu
sheet penting, yaitu di sheet yang bernama 'data' di file lampiran bernama
re-*r2*_C_Users90000415Documentsdata pemakian solar.xlsx
pertama. Data yang di-input mulai dari kolom A (tanggal yang diinput dengan
format penulisan YYYY-MM-DD) sampai kolom kolom H saja.
-> group Connections -> Refresh All
pernah Anda lampirkan untuk kasus ini (sheet rekap, 1, 2,dst) bisa disusun
dengan sederhana sebanyak 1 kali seumur hidup lalu tinggal refresh all
setiap ada data baru, karena model pengerjaan data yang Anda lakukan selalu
per bulan. Andai akan mengolah data dengan series panjang sekaligus (misal,
rekap bulanan, tahunan, triwulanan, dsb dalam sekejap tanpa pusing formula
yang panjang dan rumit), maka cukup mengembangkan yang ada dalam file
tersebut.
sekedar khayalan saja kok. jadi, maju terus pantang mundur... ;)

Yang penting, mantab memilih proses yang akan digunakan. Setelah mantab,
barulah disusun keraguan apakah ada proses lain yang lebih efisien.

met mencoba ya...

  • [belajar-excel]... abi solehudin abisolehudin1...@yahoo.co.id [belajar-excel]
    • Bls: [bela... abi solehudin abisolehudin1...@yahoo.co.id [belajar-excel]
      • Re: [b... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]