Misi para senior..
Minta pencerahann tentang VBA buat Reminder.. sudah pernah dibahas sebelumnya
tapi belum paham cara membuat script nya... Mohon dijelaskan cara membuatnya..
Atau kalo sudah ada tutorialnya mohon di share linknya..

Permasalahnnya saya belum paham untuk yang bagian
*=II= USSERFORM-NYA* dan scriptnya

Ini tutorial yang saya dapat

 Posted by: "o' Seno" ontosen...@gmail.com
mailto:ontosen...@gmail.com?Subject=%20Re%3A%20SYSTEM%20REMINDER%20%28PENGINGAT%29
   ontosen...@ymail.com http://profiles.yahoo.com/ontosen...@ymail.com Sun Dec
25, 2011 8:11 pm (PST)

 *=I= FLENYA*

 1. Diperlukan sebuah workbook dengan isi sbb
 (a) Daftar tgl HUT asli ada di sheet2
 (b) Tabel di SORT dengan formula >> menjadi Tabel Baru (di sheet1)

 3
 Sortingnya menggunakan kolom Kunci "NilaiKedekatan Tgl HUT vs Tgl Hari
 ini",
 agar-supaya gak kepanjangan kita sebut *nilai KDKT * (begitu istilah yg
 diberikan oleh si embak)
 Formula Nilai KDKT kira-kira seperti ini (untuk niai tgl HUT di cell C3)
 =TODAY()-(DATE( YEAR(TODAY( ))+IF(TEXT( TODAY()," MMDD")>TEXT( C3,"MMDD"
),1,0),MONTH( C3),DAY(C3) ))

 4.
 *Pada suatu hari* jika seseorang punya Nilai KDKT = 0 berarti nama dlm
 baris tsb sedang be-HUT.
 Jika nilainya 1 = akan berulang tahun 1 hari lagi, nilai 5 = HUTnya 5 hari
 lagi dst
 Tabel Sheet 1 (hasil sorting dengan formula) tiap hari akan berupah
 otomatis (karena formula).
 yaitu nilai KDKT terkecil akan selalu berada di baris paling atas

 Semua Trick spt itu (poin 1 sd 4) sudah 3 atau 4 kali ditayang ulang di
 milis, waktu itu oleh mbake...
 Ternyata pak Harry belum mau melihat-lihat archive (posting2 lama),
 misalnya
 http://tech. groups.yahoo. com/group/ belajar-excel/ message/8354

 File Lampiran <http://www.box. com/shared/ y7vmrklyq0
http://www.box.com/shared/y7vmrklyq0>-untuk kasus sebelum
 itu masih bisa diintip di sini: http://www.box. com/shared/ y7vmrklyq0
http://www.box.com/shared/y7vmrklyq0

 *=II= USSERFORM-NYA*
 *
 *
 Karena yg berulang tahun sudah jelas ada di *baris pertama, *maka memuat
 nama ke userform,
 saya kira tidak ada kesulitan lagi..
 Soal berkedip (hal yg tidak perlu, menurutku) sudah dijelaskan belum lama
 ini bersama dengan
 soal "teks jalan"

 Yang belum dijelaskan adalah bila * Tepat Jam 9* menyebabkan userform
 muncul
 Kalau ini, harus ada jaminan bahwa tiap hari sebelum jam 9 sampai jam 9
 lewat bebebra detik
 komputer harus sudah siap ( windows / operating systemnya) sudah siap pula)
 Denga syarat seperti itu juga, jika komputer dibuka jam 09 lewat 2 detik,
 userform tidak akan
 muncul walaupun ada orang berlulang tahun (karena syaratnya = TEPAT JAM
 09:00)
 Setelah jam 9, (sudah tidak jam 9 lagi) maka syarat suda gugur !! )

 Bgman Cara mencari apakah detik ini sudah = Tepat Jam 09:00:00 ??
 Dibuat makro yg setiap detik men-chek nilai JAM (seperti membuat jam atau
 countDown)
 biasanya menggunakan Method Appliatin.OnTime

 Hal ini pun sudah ada penjelasannya di milis...
 Jika makro mendetekasi jam = 09:00 maka >>> userform.Show
 ( IF variableJam = timevalue(09, 0,0) then Userform1000. Show )

 Bahwa Userform ketika disuruh tampil sudah memuat nama yg berHUT, bisa
 diatur
 di EVENT INITIALIZED atau EVENT ACTIVAYED nya, ya kan ?

 Kalau perlu; data yg ditampilkan ke userform bukan hanya 1 nama, tapi
 beberapa nama, karena
 orang se-kabupaten yg punya HUT yg sama pastilah banyak. (bila yg ber HUT
 hanya 1,
 konsekwensinya nama di bawahnya adalah "ranking" berikutnya.

 *=III= Membuka file Excel secara Otomatis (oleh komputer)*

 Hal yang paing penting ialah
 *KETIKA KOMPUTER &/ WINDOWS di start, workbook tsb harus ikut di BUKA*

 Hal ini adalah pelajaran "kelas hari kedua" pada kursusan komputer
 tetangga sebelah.
 *(dulu saya ikut jadi pengajarnya pada kelas ecek-ecek saja, karena hanya
 itu yg kubisa) *
 *Tapi karena murid ceweknya cakep-cakep (unfortunately, kebanyakan rada
 oon-oon, *
 *mauknya **cuma main facebook dan game saja. A**ibatnya **malah
 saya disuruh brenti oleh *
 *calon istri (...payah deh dia.. gak boleh lihat orang 'senang')*
 *alasanku: "tapi kan mereka oon ...yang...." = tidak didengarnya pulak" *

 Aplikasi / file dapat otomatiskan pembukaannya ketika windows dihidupkan
 yaitu melalui
 *START > All Program > Accessories > System Tools > Schedule Task ...*

 Nah semua rahasia sudah dibuka, anda tinggal mempraktekkannya. ..Pelan pelan
 saja..
 Nanti kalo ada yg mengsle bisa didiskas lagee....

 o'Seno
 http://www.box. com/s/1c5lpx7mcb 8y0t2meaxh

 2011/12/25 Harry <hariansyahptk@ yahoo.com mailto:hariansyahptk%40yahoo.com>

> [...]
 > Misalnya sebagaimana contoh terlampir (File Reminder Ultah), pada bulan
 > Desember tanggal 26 Si-Agus akan berulang tahun.
 > Jika pada setting computer telah menunjukkan tanggal 26 Desember 2011
 > tepat jam 9 pagi, maka muncul User Form dengan Text Berkedip yang
 > menunjukkan / mengingatkan bahwa Si-Agus berulang tahun hari iniā€¦???
 >
 > Dan satu lagi, jika computer yang bersangkutan tidak sedang membuka file
 > Reminder Ultah tetapi tetap bisa / dapat memunculkan User Form tersebut.
 >
 > Terima kasih atas berkenan jawaban dan informasinya.

Kirim email ke