Hai Pukka,

Files terlampir sebagai berikut :
1. re-DATA SISWA_formula.xlsx
repot memperbarui formula ketika data semakin banyak

2. re-DATA SISWA_query.xlsx
Data
dalam folder tertentu), sampai Anda bisa memahami kalimat connection string
dan bahasa SQL (baca : bahasa inggerisnya pengolahan data) yang digunakan
dalam file tersebut.
maka komputasi untuk output lainnya maupun penambahan data baru di sheet
baru akan menjadi satu tantangan tersendiri

3. re-DATA SISWA_kid.xlsx
kolom yang sekiranya akan bermanfaat dalam proses data mining dikemudian
hari
komputasi output-output yang diinginkan
kali membuat pivot table (pivot cache terbentuk), maka pivot table bisa
di-copy menjadi banyak output

file (workbook) lain, kemudian file output berisi sheet summary
memanfaatkan fitur get external data untuk mengambil data dari workbook
data. Hasil koneksi data dengan get external data bisa ditampilkan dalam
bentuk fitur Excel Table maupun fitur Excel Pivot Table
MySQL, MS SQL Server, Oracle, dsb) dan memanfaatkan fitur Get External Data
untuk mengambil data dan menyusun output.
[asal ada jaringan koneksi internet dan semacamnya])
dari Comfort Zone) tentang bahasa SQL dan konsep koneksi data. --> bagian
yang selalu jadi alasan untuk dihindari oleh kebanyakan user yang kurang
suka untuk belajar lagi

Selain cara 1 sampai 3 yang ada dalam files lampiran, ada cara 4, yaitu
dengan VBA yang menuntut pemahaman dan kemampuan terhadap bahasa
pemrograman VB. Sayangnya, andai bisa menguasai proses otomasi dengan
VB/VBA pun, suatu saat harus mempelajari bahasa SQL dan konsep koneksi data
juga agar pemrograman VBA nya bisa berinteraksi dengan data yang banyak
apalagi yang tersimpan dalam suatu database engine (dikelola dengan
database engine).

So,
silakan dipilih saja. Untuk cara 4, ditunggu saja sumbangan member yang
bersedia membuatkan script jadinya. Moga-moga script jadinya juga bisa
luwes dan dinamis tanpa perlu mengubah-ubah bunyi script yang sering bikin
stress karena hasilnya tidak sesuai.

;)

On Fri, Feb 6, 2015 at 8:48 PM, Pukka Hamonangan Pardede
angan_l...@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>

  • [belajar-e... angan_l...@yahoo.co.id [belajar-excel]
    • Re: [... 'Mr. Kid' mr.nm...@gmail.com [belajar-excel]
      • B... Pukka Hamonangan Pardede angan_l...@yahoo.co.id [belajar-excel]